Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Jumat, 30 Mei 2008

Sklerosis Multipel

SKLEROSIS MULTIPEL

sklerosis multipel adalah suatu kelainan dimana saraf-saraf pada mata, otak dan tulang belakang kehilangan selubung sarafnya (mielin).
PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui, tetapi diduga suatu virus atau antigen asing memicu reaksi autoimun, yang biasanya terjadi pada awal kehidupan penderita.

Lalu tubuh akan menghasilkan antibodi untuk melawan mielinnya sendiri, antibodi ini menyebabkan peradangan dan kerusakan pada selubung saraf.

Faktor keturunan tampaknya berperan dalam terjadinya sklerosis multipel.

Sekitar 5% penderita memiliki saudara laki-laki atau saudara perempuan yang juga menderita penyakit ini dan sekitar 15% penderita memiliki keluarga dekat yang menderita penyakit ini.

Faktor lingkungan juga berperan dalam terjadinya penyakit ini.

Sklerosis multipel terjadi pada 1 dari setiap 2000 orang yang pada 10 tahun pertama kehidupannya tinggal di daerah beriklim sedang, tetapi hanya 1 dari setiap 10.000 orang yang lahir di daerah beriklim tropis.

GEJALA

Gejala biasanya muncul pada usia 20-40 tahun, lebih sering terjadi pada wanita.

Demielinasi bisa terjadi pada bagian otak atau tulang belakang mana saja, dan gejalanya tergantung kepada daerah yang terkena.

Demielinasi pada jalur saraf yang membawa sinyal ke otot menyebabkan kelainan gerak, sedangkan jika terjadi pada jalur saraf yang menuju ke otak menyebabkan kelainan sensasi

Gejala awal yang sering terjadi adalah kesemutan, mati rasa atau perasaan aneh pada lengan, tungkai, batang tubuh atau wajah.

Ketangkasan dan kekuatan tungkai atau tangan bisa hilang.

Beberapa penderita hanya memiliki gejala pada mata berupa penglihatan ganda, kebutaan parsial dan nyeri pada satu mata, penglihatan kabur atau suram atau hilangnya penglihatan pusat Gejala awal juga bisa berupa perubahan emosi dan intelektual yang ringan.Petunjuk yang samar-samar dari adanya demielinasi pada otak ni kadang dimulai jauh sebelum penyakitnya diketahui.

Hemoroid dikenal di masyarakat sebagai penyakit wasir atau ambeien, merupakan penyakit yang sering dijumpai. Hemoroid adalah pembuluh darah di daerah dubur. Darah yang terkumpul pada pembuluh darah kecil di daerah dubur ini akan diteruskan ke hati melalui sistem vena porta.

GEJALA

Macam-macam gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ambeien:

I. Terdapat hemoroid, selaput lendir bengkak, belum ada prolaps
II. Timbul prolaps waktu mengedan yang masuk kembali secara spontan
III. Timbul prolaps dan untuk masuk kembali perlu dibantu tangan
IV. Prolaps yang tak dapat dimasukkan kembali.

Terapi hemoroid meliputi pengaturan cara hidup, mengenai diet dan cara buang air besar. Diet yang dianjurkan adalah diet cukup serat, sekitar 30 gram per hari, minum yang cukup serta kurangi makanan yang bumbunya berlebihan.

Sedangkan terapi yang tersedia adalah terapi dengan obat yang dapat memperbaiki gejala serta mengurangi kekambuhan. Obat ini bekerja melalui peningkatan tonus pembuluh darah, mencegah pelebaran pembuluh darah serta memperbaiki aliran mikrosirkulasi.

Terapi lain adalah dengan mengeraskan pembuluh darah yang melebar (skeloterapi). Sebenarnya cara pengikatan pembuluh darah dengan cincin karet juga dilakukan dalam terapi kedokteran namun cara ini harus dilakukan dengan menjamin tidak terjadinya infeksi.

Untuk hemoroid derajat III dan IV dianjurkan terapi operasi. Memang setelah operasi dapat timbul nyeri pada waktu uang air besar karena di dubur banyak terdapat ujung syaraf. Namun, ilmu kedokteran dewasa ini sudah mampu mengurangi rasa nyeri tersebut sehingga rasa nyeri tersebut tidak perlu menjadi alasan untuk menghindari operasi.

Tindakan operasi pada hemoroid pada umumnya merupakan tindakan yang cukup aman jika dilakukan oleh tenaga profesional. Saya ikut merasakan penderitaan yang Anda alami. Saya anjurkan Anda untuk berkonsultasi ulang dengan dokter untuk memilih cara terbaik untuk mengatasi masalah hemoroid Anda.

PENCEGAHAN

Cara mudah untuk mencegahnya adalah dengan mengubah pola hidup. Orang yang terbiasa mengangkat beban, yang banyak duduk baik karena profesinya atau lainnya (supir, sekretaris), dianjurkan untuk melakukan banyak aktivitas fisik. Misalnya dengan melakukan gerakan-gerakan seperti berdiri, berjalan, turun naik tangga, atau lainnya.

Bagi mereka yang jarang atau kurang mengonsumsi air putih dan sayuran yang mengandung serat, sebaiknya segera memperbanyak konsumsi dua hal tersebut. ''Buah-buahan yang banyak mengandung serat banyak terdapat pada pepaya. Konsumsi melon juga boleh,''

PENGOBATAN

Bagi mereka yang sudah mengalami penyakit wasir sebaiknya tetap memperbanyak gerakan-gerakan lain selain duduk, mengonsumsi makanan penuh serat, minum air putih, dan mengindari makanan yang pedas. ''Jika penyakitnya sudah parah, atau sering keluar benjolan di daerah dubur, segera ke dokter,'' Pada stadium ambeien ringan, dokter akan memberi obat-obatan jenis phlebodinamic, seperti ardium dan daflon atau memberi salep. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah anus dan menghilangkan benjolan, bengkak, dan pendarahan. ''Salep seperti Sipositoria bertujuan mengurangi sakit, bengkak dan mencegah infeksi,'' kata Siselia. ''Namun, apabila kondisi pasien tidak juga membaik maka disarankan kembali ke dokter,'' jelasnya. sya

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama).

Gejala

Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hipertensi adalah sakit kepala,kelelahan,mual-mual,muntah,sesak nafas, gelisa ,pandangan menjadi kabur karena adanya kerusakan otak.

Penyebab hipertensi

Hipertensi berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi 2 jenis :

  1. Hipertensi primer atau esensial adalah hipertensi yang tidak / belum diketahui penyebabnya (terdapat pada kurang lebih 90 % dari seluruh hipertensi).
  2. Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan/ sebagai akibat dari adanya penyakit lain.

Hipertensi primer kemungkinan memiliki banyak penyebab; beberapa perubahan pada jantung dan pembuluh darah kemungkinan bersama-sama menyebabkan meningkatnya tekanan darah.

Jika penyebabnya diketahui, maka disebut hipertensi sekunder. Pada sekitar 5-10% penderita hipertensi, penyebabnya adalah penyakit ginjal. Pada sekitar 1-2%, penyebabnya adalah kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu (misalnya pil KB).

Penyebab hipertensi lainnya yang jarang adalah feokromositoma, yaitu tumor pada kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon epinefrin (adrenalin) atau norepinefrin (noradrenalin).

Kegemukan (obesitas), gaya hidup yang tidak aktif (malas berolah raga), stres, alkohol atau garam dalam makanan; bisa memicu terjadinya hipertensi pada orang-orang memiliki kepekaan yang diturunkan. Stres cenderung menyebabkan kenaikan tekanan darah untuk sementara waktu, jika stres telah berlalu, maka tekanan darah biasanya akan kembali normal.

Beberapa penyebab terjadinya hipertensi sekunder:

  1. Penyakit Ginjal
    • Stenosis arteri renalis
    • Pielonefritis
    • Glomerulonefritis
    • Tumor-tumor ginjal
    • Penyakit ginjal polikista (biasanya diturunkan)
    • Trauma pada ginjal (luka yang mengenai ginjal)
    • Terapi penyinaran yang mengenai ginjal
  2. Kelainan Hormonal
  3. Obat-obatan
    • Pil KB
    • Kortikosteroid
    • Siklosporin
    • Eritropoietin

DEFINISI

Thalasemia adalah suatu kelainan darah akibat tidak cukupnya hemoglobin

PENGOBATAN

Di negara maju, pengobatan terbaru adalah dengan cangkok sumsum tulang. Jaringan sumsum penderita diganti dengan sumsum tulang donor yang cocok-biasanya dari orangtua atau saudara-sehingga mampu memproduksi sendiri sel-sel darah merah yang cukup mengandung hemoglobin. Cuma, biayanya memang masih amat mahal.

Penyakit kuning adalah penyakit peradangan atau gangguan fungsi hati yang disebabkan oleh suatu infeksi atau keracunan.

Salah satu gejala yang mudah terlihat pada penderita gangguan fungsi hati adalah kulit dan selaput putih mata yang mungkin akan berubah warna menjadi kuning, sehingga sering disebut oleh masyarakat sebagai penyakit kuning. Warna kuning ini timbul disebabkan oleh cairan empedu yang sudah sangat berlebihan kadarnya di dalam darah.

Hepatitis dapat disebabkan oleh keracunan obat atau berbagai macam zat kimia seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, chloroform, arsen, fosfor dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern, serta berbagai organisme termasuk kuman dan virus. Zat-zat kimia ini mungkin saja tertelan, terhirup atau diserap melalui kulit penderita. Menetralkan suatu racun yang beredar di dalam darah adalah pekerjaan hati. Jika banyak sekali zat kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh, hati itu sendiri mungkin rusak sehingga tidak dapat lagi menetralkan racun-racun lain.

Penyakit hepatitis umumnya muncul ditandai dengan timbulnya rasa mual, muntah-muntah, demam, perasaan lemah dan hilang nafsu makan. Hati terasa nyeri apabila diraba atau pun disentuh dari luar. Hal ini umumnya berlangsung selama 10 hari sampai 2 minggu. Dalam beberapa kasus, limpa menjadi besar dan sering merasa gatal hebat di kulit. Cairan empedu mungkin akan terlihat di dalam air seni, terutama selama tahap awal timbulnya penyakit ini. Kadang-kadang, penderita juga menderita diare. Gejala hepatitis tidak tergantung kepada penyebabnya dan sangat bervariasi dari yang tanpa gejala sampai yang berat sekali. Terkadang penderita hepatitis berat, gejala yang dikeluhkannya sangat minim sekali.

Untuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan, maka perlu diketahui jenis virus yang diduga sebagai penyebab infeksi hati dengan pemeriksaan seroimunologi. Bila pemeriksaan seroimunologis negatif maka perlu dipikirkan penyebab hepatitis lain selain virus, misalnya penyakit hepatitis karena keracunan obat atau Makanannya harus mengandung banyak protein dan hidrat arang, tetapi sedikit kadar lemaknya.

Makanan yang dapat Anda berikan untuk penderita hepatitis antara lain makaroni, telur, tahu, daging yang tidak bergajih, ayam, ikan, kentang, sayur-sayuran yang mudah dicerna, agar-agar dan buah-buahan apa saja kecuali alpukat. Penderita juga sebaiknya diberi vitamin B kompleks untuk menolong mengembalikan nafsu makannya yang sudah hilang, dan menolong menyembuhkan hati.

THALASEMIA

Gejala dini thalasemia dapat dilihat dari kulit dan wajah yang tampak pucat, pertumbuhan lebih lambat dibanding anak-anak pada umumnya, dan terjadi pembengkakan pada perut akibat pembengkakan limpa.
Penyebab penyakit thalasemia adalah jika zat besi yang ditinggalkan sel darah merah yang rusak itu menumpuk dalam organ tubuh seperti jantung dan hati (lever). Jumlah zat besi yang menumpuk dalam tubuh atau iron overload ini akan mengganggu fungsi organ tubuh.
Pencegahan
Pengidap thalasemia yang mendapat pengobatan secara baik dapat menjalankan hidup layaknya orang normal di tengah masyarakat. Sementara zat besi yang menumpuk di dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan bantuan obat. Selama ini, kata Suthat, zat besi yang menumpuk di tubuh penderita thalasemia hanya bisa dikeluarkan dengan penyuntikan obat Desferal. Obat yang disuntikkan di bawah kulit ini akan mengikat zat besi dan dikeluarkan melalui urine.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU