Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 10 Maret 2010

Manfaat Rumput Laut


Manfaat Rumput Laut

Indonesia dikenal Negara yang subur dan kaya akan sumber daya alam. Sebagai Negara dengan luas wilayah laut lebih dari 70%, salah satu kekayaan alam yang bias kita manfaatkan adalah sumber hayati. Selain ikan, alternative hasil laut yang bias diolah adalah rumput laut.

Rumput laut termasuk dalam anggota alga (tumbuhan yang memiliki klorofil atau zat hijau daun). Tumbuhan yang hidup di perairan dangkal dan menempel pada karang yang mati ini dibagi ke dalam empat kelas besar, yaitu Rhodopyceae (alga merah), phaeophyceae (alga cokelat), cyanophyeae (alga biru hijau).
Manfaat rumput laut berdasarkan penelitian tercatat 22 jenis telah dimanfaatkan sebagai makanan, obat dan bahan kosmetik.
Manfaat rumput laut adalah sebagai berikut :

1. Rumput laut banyak digunakan sebagai bahan baku industri, contohnya yaitu alga cokelat, yang digunakan untuk bahan baku es krim, pengolahan tekstil, pabrik farmasi, semir sepatu, dan pabrik cat. Alga merah untuk bahan baku industri makanan, farmasi, penyakan kulit, dan pembuatan bir.

2. Selain itu, rumput laut dapat juga digunakan sebagai bahan untuk pupuk tanaman, campuran makanan ternak, dan juga bahan kosmetik.

3. Rumput laut diketahui kaya akan nutrisi esensial, seperti enzim, asam nukleat, asam amino, mineral, trace elements, dan vitamin A,B,C,DE, dan K. karena kandungan gizinya yang tinggi, rumput laut mampu meningkatkan system kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf. Selain itu, rumput laut juga bisa meningkatkan fungsi pertahanan tubuh, memperbaiki system kerja jantung dan peredaran darah, serta system pencernaan.

4. Rumput laut dikenal juga sebagai obat tradisional untuk batuk, asma, bronchitis, TBC, Cacingan, sakit perut, demam, rematik, bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual. Kandungan yodiumnya diperkukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok.

5. Di Cina, rumput laut juga bisa digunakan untuk pengobatan kanker. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut mungkin berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara pada wanita di Negara tersebut. Mungkin hal itu disebabkan oleh kandungan klorofil rumput laut yang bersifat antikarsinogenik. Selain itu jareba jabdybfab vitamin c dab antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas, rumput laut bermanfaat untuk memperpanjang usia dan mencegah terjadinya penuaan dini.

6. Semua rumput laut kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar. Serat dapat melancarkan pencernaan dengan membentuk zat seperti gelatin dalam usus halus dan meningkatkan kadar air dalam feses. Konsumsi serat dapat membantu metabolisme lemak sehingga menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah. Rumput laut juga membantu pengobatan tukak lambung, rasa usus besar, susah buang air besar, dan gangguan pencernaan lainnya.

Betapa besar manfaat rumput laut bagi kelangsungan hidup kita, maka dari itu biasakanlah untuk hidup sehat seperti mengkonsumsi rumput laut, dengan membuat berbagai olahan masakan dan minuman yang berbahan dasar rumput laut. Hidup sehat dengan mengkonsumsi rumput laut.

1 komentar:

POSTING TERBARU