Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 09 Maret 2010

CARA MEMBERSIHKAN SEAFOOD DENGAN MUDAH

CARA MEMBERSIHKAN SEAFOOD DENGAN MUDAH

Masakan ikan berbahan ikan laut atau lebih populer disebut seafood selalu diminati. Ikan laut, termasuk udang, cumi dan rajungan memiliki rasa yang gurih dan lezat sehingga menggoda selera makan seseorang. Kebanyakan, mereka menikmati hidangan seafood di restoran, kafe atau warung tenda. Namun tak jarang yang tertarik juga untuk memasak seafood sendiri dirumah, dikarenakan bau yang tajam dan susah untuk membersihkannya.
Dibawah ini adalah tips membersihkan seafood dengan mudah dan benar.

Cara Membersihkan Kerang :
1. Jika kerang masih dalam cangkangnya, masukkan ke dalam air mendidih dan rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan. Daging kerang akan lebih mudah lepas dari cangkangnya.
2. Jika kerang sudah dikupas, bersihkan bagian pembuangannya dan buang kotorannya
3. Agar sedap, rebus kembali kerang selama 5 menit dicampur dengan lengkuas dan daun salam, tiriskan.

Cara Membersihkan Bawal dan Tuna :
1. Daging tuna dapat dibeli dalam keadaan bersih, kita tinggal merendamnya dengan air jeruk nipis agar daging tuna lebih kesat dan tidak amis.
2. Bersihkan sisik bawal, buang insang dan isi perutnya, lalu cuci di bawah air yang mengalir.
3. Rendam bawal dengan air jeruk nipis, mendapat air perasan yang banyak bisa dilakukan dengan cara merendam terlebih dahulu jeruk nipis dalam air panas selama 15 menit.

Cara Membersihkan Rajungan :
1. Jika rajungan masih dalam keadaan hidup, siram dengan air mendidih.
2. Bersihkan bagian pembuangannya
3. Buka cangkangnya, buang insangnya

Cara Membersihkan Cumi :
1. Pilih cumi yang masih segar, dagingnya kenyal dan tidak berbau.
2. Tarik tulang yang berada dipunggung cumi, jangan sampai putus
3. Dikepala cumi ada bagian yang keras, tekan perlahan-lahan sampai keluar dan buang.
4. Lepaskan kepalanya, buang kantong tinta dan kantong kotoran. Jika bagian kepala ingin tetap menempel dengan badan cumi, bisa di semat menggunakan lidi.

Cara Membersihkan Udang :
1. Agar mudah mengupas kulit udang, rendam udang dalam air yang sudah di tambah dengan beberapa tetes cuka.
2. Udang yang masih segar, kulitnya masih keras, menempel dibadannya, dan tidak lembek, warnanya masih segar dan tidak berbau busuk.
3. Bersihkan punggung udang dengan cara membelanya dan buang kotorannya
4. Agar lebih awet, kupas kulitnya serta lepaskan bagian kepalanya dan kaknya. Bagian ekornya boleh disisihkan. Jika dimasak, ciri udang yang dimasak akan berbentuk huruf c. jika udang menyerupai huruf o tandanya udang terlalu masak, rasanya akan lebih alot dan keras.

Selamat mencoba, semoga tips ini dapat memberikan kelezatan dan kenikmatan masakan yang berbahan seafood seperti diatas untuk keluarga tercinta anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU