Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 16 Maret 2010

Definisi Multimedia

Definisi Multimedia
Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir di seluruh aspek kegiatan (http://id. wikipedia.org/wiki /Multimedia /Pengertian Multimedia/Januari 2007)
Multimedia memang merupakan teknologi komputer yang sedang berkembang pesat, seiring dengan perkembangan komputer pribadi (personal computer). Ribuan perusahaan di seluruh dunia telah memanfaatkan teknologi multimedia untuk memasarkan produk perusahaan mereka. Jutaan programmer (pembuat program) membuat perangkat lunak multimedia berupa permainan. Juga untuk CAL/CAI (Computer Aided Learning)/(Computer Aided Instruction) program untuk belajar dengan bantuan komputer, baik matematika, fisika, memasak, merakit komputer, mempelajari jalan sebuah kota. Atau sekedar media penyampaian informasi seperti perumahan, hotel, pertokoan dan sebagainya. Teknologi ini memang merupakan salah satu teknologi yang paling populer di seluruh dunia, Amerika, Eropa, Australia, Asia, bahkan juga telah populer di Indonesia beberapa tahun terakhir. Saat ini kita telah menjadi saksi kemajuan sebuah teknologi mutakhir multimedia dan macromedia director berperan sangat besar pada perkembangan teknologi ini (http://www.google. Com /Multimedia/Januari 2007)
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri – sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media pelatihan dalam sistem e-learning (Fred Hofstetter, Multimedia Literacy, Third Edition, McGraw-Hill Irwin, 1999).
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training (http:// www.Informatika .lipi. go.id category / jurnal / page / 2 / Pengembangan Multimedia CBT (Computer Base Training)/Januari 2007)
Pembangunan teknologi multimedia memberikan dampak yang amat besar terhadap pengajaran dan pembelajaran sama ada di sekolah, institusi pengajian tinggi, organisasi dan masyarakat umum. Teknologi multimedia ini didapati berkesan sebagai salah satu kaedah yang dapat mempertingkatkan pembelajaran dan motivasi terutamanya murid, mahasiswa dan pekerja.
Sebagai satu kaedah untuk memelihara kualiti pengajaran berasaskan multimedia, komponen penting seperti kandungan pembelajaran, jenis multimedia, reka bentuk pengajaran, animasi 3D, realiti maya, penghantaran multimedia dan juga khidmat sokongan perlu diambilkira. Animasi 3D dan realiti maya mempunyai potensi yang amat besar melepasi aplikasi di mana sekarang ini ianya tertumpu kepada kesan istimewa dalam filem dan permainan komputer.
Kaedah dalam bidang multimedia ini telahpun digunakan secara lebih meluas lagi, bukan sahaja dalam pendidikan, tetapi juga dalam bidang lain seperti senibina, pembangunan sumber manusia, perancangan bandar, pemasaran, kejuruteraan, ergonomik dan psikoterapi. Usaha yang serius dalam animasi 3D dan realiti maya adalah satu pendekatan pelbagai disiplin, yang mempergunakan kemahiran dan pengetahuan dalam pelbagai bidang, dengan berteraskan pengkomputan, matematik gunaan dan lukisan komputer (http://www.imp.upm.edu.mv/Labolatori Pengajaran dan Inovasi Multimedia/Januari 2007)
Sistem multimedia memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan proses pembelajaran bangsa Indonesia. Sistem multimedia dapat berperan menjadi katalis untuk mempercepat proses transformasi masyarakat dari tradisi lisan menjadi tradisi tulis atau beraksara (http://www.sinarharapan.com/Sistem Multimedia dan Keberaksaraan / Januari 2007)

Elemen-elemen Multimedia
Elemen-elemen yang mendukung multimedia adalah:
a. Teks
Teks adalah medium yang paling sederhana dalam penyampaian informasi. Teks menjadi elemen vital pada sebagian besar aplikasi multimedia seperti pada bagian menu, sistem navigasi bahkan programnya sendiri.
Macam-macam teks :
- Printed Text
Merupakan kata-kata yang biasa dipakai tapi hanya saja tercetak di kertas.
- Scanned Text
Dengan menggunakan scanner, printed text dapat dibaca dan diubah ke bentuk yang dapat dibaca mesin untuk menghasilkan scanned text.
Ada tiga jenis scanner, yaitu :
 Flatbed scanner = Mesin scanner sendiri yang men-scan kertas.
 Handheld scanner = Kertas di-scan secara manual.
 Sheet-fed scanner = Mempunyai tempat untuk dapat memasukkan informasi nomor halaman yang ingin di-scan.
- Electronic Text
Banyak teks tersedia dalam bentuk yang dapat dibaca mesin karena ditulis dengan word processing dan peralatan cetak elektronik. Teks-teks semacam inilah yang disebut electronic text.
- Hypertext
 Merupakan teks yang di-link
 Komponen integral dari dokumen hypermedia. Jika mengklik sebuah hypertext maka kita dapat launch ke objek dari link tersebut.
b. Grafik
Grafik adalah representasi dua dimensi maupun tiga dimensi sebagai medium ilustrasi yang memperjelas penyampaian informasi. Sering dikatakan bahwa sebuah gambar dapat mengandung ribuan kata. Grafik ini dapat berupa diagram batang, diagram kue atau lainnya yang dapat mengandung penyampaian informasi. Grafik terbagi atas :
- Bitmap
Bitmap adalah gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel yang menyatakan susunan titik pada layar komputer. Untuk menampilkan gambar, komputer menampilkan tiap titik pada layar berdasarkan warna tertentu dari bitmap. Anda dapat menggunakan program grafik editor, seperti Paint, Photoshop, Paint Shop Pro.
- Gambar Vektor / Vector Image
Gambar vektor tersimpan dalam bentuk rumus persamaan matematika yang disebut dengan algoritma yang menentukan lengkungan, garis, dan bentuk dalam sebuah gambar. Untuk gambar yang tidak memiliki banyak perubahan gambar yang kontiniu, vektor merupakan cara yang lebih efisien untuk menyimpan tiap titik di antara diagonal sebagai nilai warna RGB. Sebuah gambar vektor juga menyimpan awal garis, arah, panjang, dan warna. Gambar vektor dapat dibuat dengan software AutoCAD yang biasa digunakan untuk membuat model dari arsitektur dan gambar mekanik.
c. Clip Art
Untuk menyimpan waktu dari pembuatan gambar dengan tangan, maka digunakan kumpulan dari clip art yang dapat digunakan dalam membuat multimedia. Dengan mengikuti link dari web site, Anda dapat menemukan banyak kumpulan gambar. Gambar tersebut secara umum dikategorikan ke dalam fotografi, icon, animasi, gambar latar, bullet.
- Gambar digital / Digitized Pictures
Merekam video mengharuskan Anda menggunakan sebuah kamera video, VCR. Dan menangkap frame-frame gambar kedalam bentuk bitmap yang dapat digunakan dalam aplikasi multimedia. Sejak video digitizer menerima sinyal video sebagai input, meraka dapat mendigitalkan semua yang dilihat oleh video kamera.
d. Animasi
Animasi adalah penayangan frame-frame gambar secara cepat untuk memperoleh kesan gerakan. Animasi sendiri berarti serentetan image yang bergerak bergantian dengan waktu yang sangat cepat sehingga seolah-olah bergerak. Animasi sering juga disebut dengan “gambar hidup”. Animasi terbagi atas 4 jenis yaitu :
- Frame Animasi
Frame animasi membuat obyek bergerak dengan menampilkan urutan dari gambar, yang disebut frame, pada obyek terlihat dalam lokasi berbeda pada layar. Pada jaman dahulu pemutaran film menggunakan urutan frame gambar yang bergerak pada proyektor, frame gambar tersebut ada 24 frame per detik.
- Animasi Vektor
Vektor adalah sebuah garis, arah, dan panjang. Animasi vektor membuat obyek yang bergerak dengan menggunakan ketiga parameter untuk garis segmen yang membuat obyek. Dengan menggunakan program Macromedia Flash dapat membuat animasi dan grafik interaktif yang dibuat dari gambar vektor.
- Animasi komputasi
Jika Anda ingin menggerakan sebuah ‘kata’ pada layar. Disini ada dua cara untuk melakukannya. Anda dapat membuat urutan dari frame yang menampilkan ‘kata’ yang bergerak melintas pada layar, dengan masing-masing frame mewakili satu saat pada waktu ‘kata’ bergerak. Tetapi ini tidak efisien karena frame menggunakan banyak memory, dan memerlukan banyak frame.
- Morphing
Morphing berarti transisi dari bentuk satu ke bentuk yang lain dengan menampilkan urutan dari frame yang membuat gerakan yang halus.
e. Suara dan musik
Ada 4 jenis suara yang dapat digunakan dalam membuat multimedia yaitu suara bentuk gelombang, musik MIDI, audio CD musik, dan MP3.
- Suara Bentuk Gelombang
Sama seperti video digitizer, suara bentuk gelombang direkam dari suara yang Anda dengar. Setiap suara mempunyai bentuk gelombang yang menggambarkan frekuensi, amplitudo, dan isi harmoni. Audio waveform digitizer menangkap suara dan men-sampling dengan gelombang ribuan kali per detik, sample yang disimpan pada komputer harddisk dengan file berekstensi .wav
- MIDI
MIDI menyediakan cara yang efisien untuk merekam musik. Berbeda dengan suara bentuk gelombang, yang memerlukan banyak tempat penyimpanan, MIDI merekam informasi musik yang diperlukan chip komputer memainkan musik. File MIDI biasanya disimpan dalam file berekstensi .mid
- CD musik
CD musik dapat menampung sampai 75 menit rekaman suara. Nilai samplingnya adalah 44100 sampel per detik, yang mana cukup cepat untuk merekam semua suara yang dapat terdengar oleh manusia. Sampelnya adalah 16 bit, menghasilkan range dinamik sekitar 98dB, yang cukup untuk merekap suara yang sunyi seperti bisikan atau teriakan yang kuat. CD-ROM drive pada komputer multimedia dapat mengakses lagu pada CD musik.
- MP3
MP3 singkatan dari MPEG Audio Layer 3 adalah file suara dengan format menggunakan pengkodean suara MPEG untuk pemampatan rekaman musik. MP3 dapat memampatkan CD musik kedalam file yang lebih kecil, sehingga hanya memerlukan bandwidth yang kecil dalam transfer melalui internet tanpa mengalami penurunan kualitas suara.
f. Citra
Citra adalah representasi spasial dari suatu obyek. Citra dapat dibagi menjadi gambar dari dunia nyata (hasil dari scan foto), gambar dari dunia maya (dibuat dengan program) dan gambar gabungan antara dunia nyata dengan dunia maya.
g. Video
Video menyediakan sumber yang sangat kaya pada aplikasi multimedia. Video memiliki kesamaan dengan animasi. Hanya saja video diperoleh dari adegan dunia nyata.
Tujuan Penggunaan Multimedia
Tujuan digunakannya multimedia dalam berbagai bidang adalah :
- Meningkatkan efektivitas penyampaian informasi.
- Mendorong partisipasi dan eksplorasi pemakai.
- Merangsang panca indera
- Memberikan kemudahan pemakaian terutama bagi pemakai awam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU