Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 02 Februari 2010

HAK DAN KEWAJIBAN TERHADAP SESAMA TEMAN

HAK DAN KEWAJIBAN TERHADAP SESAMA TEMAN

Kita sekarang sudah menjadi pelajar dan sudah banyak teman sebaya. Ketahuilah, bahwa mereka adalah saudara-saudara kita, satu keluarga dalam lingkungan sekolah. Janganlah ada di antara mereka yang disakiti atau diganggu.

Jika kita duduk dalam kelas, janganlah suka mendesak kawan-kawan kita. Berilah mereka tempat duduk selayaknya. Sebab mendesak kawan akan mengakibatkan sakit hati, menimbulkan permusuhan dan membuat suasana gaduh dalam kelas.

Allah berfirman :
“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah maha mengetahui apa yang kau kerjakan.” (Al-Mujadalah,11)

Jika salah seorang teman kita mempunyai persoalan yang musykil, lalu minta keterangan kepada guru, maka haruslah kamu perhatikan keterangan-keterangan dari guru kita itu sebaik-baiknya. Dengan diulanginya keterangan itu, justru kita akan bertambah pengetahuan. Jangan mengejek atau menganggap remeh.

Imam Abu Hanifah pernah ditanya oleh seseorang, “Bagaimana tuan sampai berhasil menguasai segala macam ilmu itu? Jawabnya, “Saya tidak pernah bermalas-malas dalam menerima semua pelajaran”.

Janganlah sekali-kali kita menghalang-halangi teman kita yang minta penjelasan kepada guru kita tentang suatu permasalahan yang belum ia fahami. Dalam hal ini, sebaiknya kita ikut mendengarkan. Demikian jika kita ingin menjadi anak yang baik.

Jika kita berdomisili di asrama, jagalah ketertiban kita terhadap teman-teman kita. Jika dating waktu tidur, maka janganlah engkau menimbulkan kebisingan dengan membaca keras-keras. Jika telah dating waktu fajar sedangkan kita sudah bangun tidur dan siap-siap hendaknya menunaikan shalat, bangunkanlah teman teman kita dengan perlahan-lahan, usahakan semaksimal mungkin dapat berjama’ah. Sudah barang tentu berjama’ah itu lebih afdal dari pada sholat sendirian.

Apabila ada sebagian teman kita yang ingin minta bantuan dalam menyelesaikan pekerjaan yang tidak mungkin dapat ia selesaikan sendiri, maka janganlah kita enggan memberikan pertolongan kepadanya. Dan janganlah kita berkeinginan dipuji bahwa kitalah satu-satunya orang yang mampu memberikan pertolongan kepadanya.
Rosulullah saw, bersabda :
“Orang mukmin satu sama lainnya laksana bangunan yang satu sama lain saling memperkuat” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU