Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 03 Februari 2010

ETIKA MENUNTUT ILMU PENGETAHUAN

ETIKA MENUNTUT ILMU PENGETAHUAN

Rajin rajinlah belajar. Pergunakanlah kesempatan kita untuk mencari persoalan yang kiranya penting dan berguna.

Sebelum kita menerima pelajaran, dari guru kita di meja pelajaran, alangkah baiknya kita pelajari terlebih dulu secara mendalam. Jika kita menemukan kejanggalan, janganlah kita enggan menanyakannya kepada teman-teman kita, agar mereka juga ikut memecahkannya. Janganlah kita beralih kepada persoalan pertama.

Jika guru menempatkan kita pada tempat duduk yang telah ditunjuknya, janganlah kita pindah ketempat yang lain. Dan apabila ada teman yang menempati tempat duduk kita, maka janganlah kita lawan atau kamu caci maki. Akan tetapi bertahukanlah kepada guru kita, agar beliau yang menunjuk tempat mana yang harus kita duduki sesuai dengan pilihan guru kita.

Jika guru sedang menerangkan pelajaran, janganlah kita berbicara dan bertengkar dengan teman teman kita. Dengarkan baik-baik keterangannya itu. Jangan melamun atau pikiranmu justru melayang-layang di waktu belajar. Bila ternyata kita belum faham, mintalah dengan hormat kepada guru kita agar berkenan mengulangi lagi keterangan yang telah disampaikan. Dan janganlah sekali-kali membantah, jika guru kita tidak menuruti permintaan itu, karena ada suatu pertimbangan.

Ketahuilah bahwa jika seorang murid sudah keluar dari batas-batas kesopnan, maka jatuhnya harga diri di mata gurunya itu dan juga di mata rekan-rekannya. Oleh sebab itu, sudah sepatutnyalah jika guru menegur dan memberi peringatan terhadap kekurang sopanan kita.

Jika kita tidak mau menghormati guru kita sebagaimana kita menghormati ibu bapak kita, pasti kita tidak akan mungkin dapat mengambil pelajaran darinya.

Keindahan ilmu itu harus dibarengi dengan sopan santun dan adab. Barang siapa yang mau bersopan santun, pasti akan dimuliakan Allah SWT dan dicintai oleh masyarakat. Demikian pula sebaliknya, barang siapa yang bersikap sombong dan tidak punya kesopanan, pasti akan dibenci masyarakat, dan pasti tidak ada seorang pun yang menghormatinya.

Tiada sesuatu yang amat membahayakan seorang murid, melainkan kemurkaan guru dan ulama. Karena itu, kita jangan sekali kali membuat kemurkaan guru kita atau berlaku tidak sopan terhadap guru kita. Sebab kemarahan guru itu, setidak-tidaknya akan membawa diri kita ke jurang kenistaan.

Terimalah nasihat orang tua, usahakanlah agar guru kita rida dan simpati kepada kita. Mohonlah doa restunya, agar kita memperoleh taufik dan petunjuk. Mudah-mudahan Allah SWT akan mengabulkannya.

Jika kita sedang dalam keadaan sendirian, perbanyaklah berdoa dan mohonlah kepada Allah SWT supaya kita dikaruniai ilmu yang bermanfaat dan berkah. Sesungguhnya Allah SWT adalah zat yang maha pemurah dan maha mengabulkan permohonan segenap hamba-Nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU