Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 01 September 2009

Tips Mudik Dengan Kendaraan Bermotor



tak terasa puasa ramadhan tahun ini telah menginjak hari yang ke 11 itu berarti lebaran kurang 19 hari, lebaran di negeri kita identik dengan budaya mudik atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya umat islam di Indonesia, saat saat ini semua pada repot mempersiapkan segala keperluan untuk pulang ke kampung halaman, kita sebagai pegawai harus menyiapkan tabungan atau sebagian uang untuk biaya pulang kampung dan berbagi dengan saudara, anda sebagai pemimpin atau boss suatu perusahaan juga repot mengganggarkan uang untuk karyawan anda. para pemilik rumah yang memperkerjakan pembantu rumah tangga aktifitasnya semakin bertambah disamping harus merawat rumahnya juga harus siap-siap ditinggalkan pegawai nya tersebut beberapa hari.

mudik lebaran pada tahun ini diperkirakan akan mengalami lonjakan yang sangat besar, karena bertambahnya jumlah migrasi atau bertambahnya jumlah penduduk desa yang datang kekota untuk mencari pekerjaan dan menjadi penduduk tidak tetap diberbagai kota besar indonesia terutama jakarta. ada yang mudik dengan memakai transportasi umum, seperti kereta api, bus antar kota, penyeberangan dengan kapal atau bahkan mereka yang mampu menggunakan transportasi pesawat, ada pula yang pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi baik itu mobil atau sepeda motor.

dibawah ini saya akan memberikan tips mudik atau pulang kekampung halaman menggunakan kendaraan pribadi yaitu sepeda motor, mudik menggunakan sepeda motor merupakan sarana transportasi yang bisa dibilang simple dan cepat sampai tujuan, tapi kalau tidak dibarengi dengan hal hal dibawah ini, mungkin hal tersebut diatas tidak akan terjadi malah kecelakaan yang akan terjadi.
tidak usah panjang lebar saya akan menuliskan tips mudik menggunakan sepeda motor adalah sebagai berikut :

1. Cek Mesin kendaraan bermotor anda sehari sebelum mudik, bisa anda lakukan sendiri bila anda memiliki kecakapan dalam membenahi motor anda, atau anda bisa bawa motor anda ke bengkel terdekat untuk mengeceka onderdil yang ada pada motor anda, bilang pada teknisi motornya kalau motor anda ini akan anda gunakan untuk mudik, dengan begitu teknisi motor akan mengecek secara keseluruhan apa yang harus diperbaiki dan hal lainnya.
2. Siapkan surat – surat kendaraan anda sebelum berangkat ke kampung halaman seperti STNK, SIM dan lainnya
3. Isi penuh bensin anda, sesuai perkiraan tempat tujuan anda menghabiskan berapa liter, hal ini bisa untuk mencegah anda antri dalam SPBU bila bensin anda habis,
4. Bawalah pakaian seperlunya, jangan membawa bawaan yang berlebihan karena bisa membahayakan nyawa anda dan keluarga anda dalam perjalanan pulang ke kampung halaman.
5. Berkendaralah satu motor dengan dua orang, yaitu anda dan pasangan atau jika anda memiliki anak satu bisa anda anda dudukkan ditengah, jangan terlalu berdesak-desakan agar anda dan anak anda merasa nyaman dalam perjalanan.
6. Dua atau tiga jam sekali usahakan untuk istirahat, karena kebutuhan ini sangatlah penting untuk kelancaran anda dalam berkendara selanjutnya, bila perlu meminum multivitamin untuk menambah stamina, turuti kemauan anak anda bila anak anda merasa capek, jangan paksakan agar sampai pada jarak tertentu baru menurut anak anda, karena anak memiliki daya tahan tertentu dibandingkan kita sebagai orang dewasa.
7. Taatilah rambu-rambu yang ada, pakailah helm standar SNI yang telah dianjurkan oleh polisi, jangan terlalu cepat dalam berkendara seperti pepatah jawa mengatakan “alon – alon asal kelakon” yang artinya pelan – pelan asal sampai tujuan.
8. Lakukan kembali point 1-7 bila anda kembali tempat tujuan anda semula yaitu rumah anda.

Semoga tips ini bisa membantu kelancaran anda dalam berkendara pulang ke kampung halaman, tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri pada waktu pulang diajak sahabat saya pulang ke kampung halaman nya. Kurang lebihnya saya menghaturkan terima kasih.

5 komentar:

  1. ayo..ayo yang mau mudik baca dulu ni tips nya,aku sih gak mudik he..he..

    BalasHapus
  2. Trims info nya, sangat membantu nih...., selamat bermudik semoga selamat, aman, lancar, & sehat.

    BalasHapus
  3. Slamt brpuasa !
    oh..ya kalo ble jgn dilupain yg diatas. CampurtangaNya lebih dri segalanya.
    Thk.Slam Kenal

    BalasHapus
  4. terimakasih tip mudik lebarannya...

    BalasHapus
  5. bagus nih artikelnya, perlu diperhatikan agar selamat sampai tujuan.
    makasih sharingnya.

    BalasHapus

POSTING TERBARU