Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 18 Juli 2009

CARA EFEKTIF PC AWET

CARA EFEKTIF PC AWET

Tahukah anda mengapa penempatan personal computer (PC) selalu disarankan untuk diletakkan di tempat yang sejuk atau ber-AC? Sebab, pada tempat-tempat tersebut biasanya aman dari debu sehingga mampu menjaga kondisi dan performa computer.
Nah dibawah ini akan kita ketahui cara efektif agar pc awet.
1. Membersihkan FAN
Debu yang menempel di sirip-sirip fan dan casing lambat laun akan menyebabkan timbulnya suara berisik. Bila dibiarkan, ma fan akan rusak dan tidak maksimal menghalau panas. Cara membersihkan fan, lepas dari baut-baut pengaitnya menggunakan obeng, kemudian sapu perlahan dengan kuas. Setelah itu buka stiker di bagian tengah fan untuk melumasi bagian poros kincir fan (motor).
2. Membersihkan Memory
Seperti kompononen lainnya, memory pun akan tertimbun debu akibat daya tarik fan yang membawa udara masuk ke dalam PC. Bila tidak dibersihkan, resiko yuang dialami adalah computer mudah hang. Cara membersihkan memory, cukup mengangkatnya dari socketnya kemudian sapu perlahan dengan kuas. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu disekitarnya dalam CPU.
3. Mengganti therminal paste cpu
Therminal paste yang terdapat di CPU lama kelamaan akan mongering dan menyebabkan proses penyerapan panas berkurang sehingga perlu dilakukan pembersihan dengan menggantinya. Caranya, lepas hearsink fan kemudian bersihkan permukaan care cpu secara perlahan dari bekas paste yang tersisa menggunakan tisu dan alcohol. Setelah kering., oleskan therminal paste yang baru dan pasang hearsink nya.
4. membersihkan video card
Terganggunya video car oleh debu akan menyebabkan timbulnya panas dan hang pada computer. Oleh sebab itu, video card harus dibersihkan dari kotoran dan debu. Caranya lepas video card dari slotnya. Kemudian bersihkan debu yang menempel pada dan menggunakan kuas halus.
5. Membersihkan Motherboard
Yang terakhir adalah membersihkan motherboard. Motherboard yang bersih akan terpelihara dari hang dan macetnya computer atau kerusakan lainnya. Caranya. Lepaskan motherboard dari casing dan semua pariferal yang ada. Beri tanda dengan kertas label untuk setiap bagian agar tak lupa letak posisi saat akan merakitnya kembali. Bersihkan celah di antara setiap komponen. Baru setelah itu yang terakhir adalah membersihkan casing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU