Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 06 Januari 2009

Pengertian Masyarakat

Pengertian Masyarakat

pengertian masyarakat adalah, “Pergaulan hidup manusia, sehimpunan orang yang hidup bersama dalam suatu tempat dengan ikatan-ikatan dan aturan tertentu.”

Menurut Soleman B. Taneko, masyarakat merupakan :

Suatu sistem yang terbentuk karena hubungan dari anggota-anggotanya. Dengan lain perkataan, masyarakat ialah suatu sistem yang terwujud dari kehidupan bersama manusia, yang lazim disebut dengan sistem kemasyarakatan.

Definisi masyarakat yang lain dikemukakan oleh para sarjana seperti :

  1. Linton (seorang ahli antropologi) mengemukakan, bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia, yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dan berfikir tentang dirinya sendiri sebagai salah satu kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu.
  2. M.J. Heskovits menulis, bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan mengikuti satu cara hidup tertentu.
  3. J.L. Gilin J.P. Gilin mengatakan, bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang tersebar mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap dan perasaan yang sama. Masyarakat itu memiliki pengelompokan-pengelompokan yang kecil.
  4. Agaknya lebih terperinci definisi Mac Inver yang berbunyi bahwa masyarakat adalah suatu sistem dari pada cara kerja dan prosedur, daripada otoritas dan saling bantu membantu yang meliputi kelompok-kelompok dan pembagian-pembagian sosial lain, sistem dari pengawasan tingkah laku manusia dan kebebasan. Sistem yang kompleks yang selalu berubah atau jaringan-jaringan dari relasi sosial itulah yang dinamakan masyarakat.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang telah lama bertempat tinggal disuatu daerah yang tertentu dan mempunyai (undang-undang) yang mengatur tata hidup mereka, untuk menuju kepada tujuan yang sama.

Dengan demikian pengertian partisipasi masyarakat disini adalah keikut sertaan atau terlibatnya masyarakat terhadap suatu kegiatan atau organisasi sosial baik secara moril (fisik) maupun spiritual (non fisik) untuk mewujudkan keinginan dan kepentingan bersama. Yaitu keikut sertaan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan Islam/Madrasah Ibtida'iyah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU