SUNAN AMPEL
1. ASAL USUL SUNAN AMPEL
Kenalkah anda dengan daerah
Di Samarqand ini ada seorang ulama besar bernama syekh Jamalludin Jumadil Kubro, seorang ahlussunah bermahzab syafi’i, beliau mempunyai seorang putra bernama Ibrahim. Karena berasal dari Samarqand maka Ibrahim kemudian mendapat tambahan Samarqandhi. Orang jawa sangat sukar mengucapkan Samarqandi maka mereka hanya menyebutkannya sebagai syekh Ibrahim Asmarakandi.
Syekh Ibrahim Asmarakandi ini diperintah oleh ayahnya yaitu Syekh Jamalludin Jumadil Kubra utuk berda’wah ke negara-negara
Negara Cempa ini menurut ahli sejarah terletak di Muangthai. Dari perkawinannya dengan dewi Candrawulan maka Ibrahim Asmarakandi mendapat dua putra yaitu Sayyid Ali Rahmatullah dan Sayyid Ali Murtadho. Sedangkan adik Dewi Candrawulan yang bernama Dewi Dwarawati diperistri oleh Prabu Brawijaya Majapahit. Dengan demikian keduanya adalah keponakan Ratu Majapahit dan tergolong putra bangsawan atau pangeran kerajaan.
Raja Majapahit sangat senang mendapat istri dari negeri Cempa yang wajahnya dan kepribadiannya sangat memikat hati. Sehingga istri-istri lainnya diceraikan, banyak yang diberikan kepada para adipatinya yang tersebar di seluruh Nusantara. Salah satu contoh adalah istri yang bernama Dewi Kian, seorang putri cina yang diberikan kepada Adipati Ario Damar di Palembang.
Ketika Dewi Kian di ceraikan dan diberikan kepada Ario Damar saat itu sedang hamil tiga bulan. Ario Damar tidak diperkenankan menggauli putri Cina itu sampai si jabang bayi terlahir ke dunia. Bayi dari rahim Dewi Kian itulah yang nantinya bernama Raden Hasan atau lebih terkenal dengan nama Raden Patah, salah seorang murid sunan Ampel yang menjadi raja di Demak Bintoro.
Kerajaan Majapahit sesudah ditinggal Mahapatih Gajah Mada dan Prabu Hayam Wuruk mengalami kemunduran drastis. Kerajaan terpecah belah karena terjadinya perang saudara, dan para adipati banyak yang tak loyal lagi kepada keturunan Prabu Hayam Wuruk yaitu prabu Brawijaya Kertabhumi.
Pajak dan upeti kerajaan tak banyak yang sampai ke Istana Majapahit. Lebih sering dinikmati oleh para adipati itu sendiri. Hal ini membuat sang Prabu bersedih hati. Lebih-lebih dengan adanya kebiasaan buruk kaum bangsawan dan para pangeran yang suka berpesta pora dan main judi sera mabuk-mabukkan. Prabu Brawijaya sadar betul bila kebiasaan semacam itu diterukan negara akan menjadi lemah dan jika negara sudah kehilangan kekuatan betapa mudahnya bagi musuh untuk menghancurkan Majapahit Raya.
Ratu Dwarawati, yaitu istri Prabu Brawijaya mengetahui kerisauan hati suaminya. Dengan memberanikan diri dia mengajukan pendapat kepada suaminya. “Saya mempunyai seorang keponakan ahli mendidik dalam hal mengatasi kemerosotan budi pekerti,” kata ratu Dwarawati.
“Betulkah?” tanya sang prabu. “Ya, namanya Sayyid Ali Rahmatullah, putra dari kanda Dewi Candrawulan di Negeri Cempa. Bila kanda berkenan saya akan meminta Ramanda Prabu di Cempa untuk mendatangkan Ali Rahmatullah ke Majapahit ini.”
“Tentu saja aku akan merasa senang bila Rama Prabu di Cempa bersedia mengirimkan Sayyid Ali Rahmatullah ke Majapahit ini. Kata Raja Brawijaya.
2. KE TANAH JAWA
Mala pada suatu hari diberangkatkanlah utusan dari Majapahit ke negeri Cempa untuk meminta Sayyid Ali Rahmatullah datang ke Majapahit. Kedatangan utusan Majapahit disambut gembira oleh raja Cempa, dan raja Cempa tidak keberatan melepas cucunya ke Majapahit untuk meluaskan pengalaman.
Keberangkatan Sayyid Ali Rahmat ke Tanah Jawa tidak sendirian. Ia ditemani oleh ayah dan kakaknya. Sebagaimana disebutkan diatas, ayah Sayyid Ali Rahmat adalah Syekh Ali Murtadho. Diduga mereka tidak langsung ke Majapahit melainkan mendarat di Tuban. Tetapi di Tuban, tepatnya di desa Gesikharjo, syekh Maulana Ibrahim Asmarakandi jatuh sakit dan meninggal dunia, beliau dimakamkan di desa tersebut yang masih termasuk kecamatan Palang Kabupaten Tuban.
Sayyid Murtadho kemudian meneruskan perjalanan, beliau berdakwa keliling ke daerah Nusa Tenggara, Madura dan sampai ke Bima. Di
Kapal layar yang ditumpanginya mendarat di Pelabuhan Canggu. Kedatangannya disambut dengan suka cita oleh Prabu Kertabumi. Lebih-lebih Ratu Dwarawati bibinya sendiri wanita itu memeluknya erat-erat seolah-olah sedang memeluk kakak perempuannya yang berada di istana Kerajaan Cempa. Wajah keponakannya itu memang mirip dengan kakak perempuannya.
“Nanda Rahmatullah, bersediakah engkau memberikan pelajaran atau mendidik kaum bangsawan ddan rakyat Majapahit agar mempunyai budi pekerti muliah?” tanya sang Prabu setelah Sayyid Rahmatullah beristirahat melepas lelah. Dengan sikapnya yang sopan tutur kata halus Sayyid Ali Rahmatullah menjawab. “Dengan senang hati Gusti Prabu, saya akan berusaha sekuat-kuatnya untuk mencurahkan kemampuan saya mendidik mereka.”
“Bagus!” sahut sang Prabu. “Bila demikian kau akan kuberi hadiah sebidang tanah berikut bangunan di Surabaya. Di sanalah kau akan mendidik para bangsawan dan pangeran Majapahit agar berbudi pekerti mulia.”
“Terima saya haturkan Gusti Prabu,” Jawab Sayyid Ali Rahmatullah. Disebutkan dalam literatur bahwa selanjutnya Sayyid Ali Rahmatullah menetap beberapa hari di istana Majapahit dan dijodohkan dengan salah satu putri Majapahit yang bernama Dewi Condrowati atau Nyai Ageng Manila. Dengan demikian Sayyid Ali Rahmat adalah seorang Pangeran Majapahit, karena dia adalah menantu raja Majapahit.
Semenjak Sayyid Ali Rahmatullah diambil menantu Raja Brawijaya maka beliau adalah anggota keluarga kerajaan Majapahit atau salah seorang pangeran, para pangeran pada jaman dulu ditandai dengan nama depan Rahadian atau Raden yang berarti Tuanku. Selanjutnya beliau lebih dikenal dengan sbutan Raden Rahmat.
3. AMPELDENTA
Selanjutnya, pada hari yang telah ditentukan berangkatlah rombongan Raden Rahmat ke sebuah daerah di
Rombongan itu melalui desa Krian, Wonokromo terus memasuki kembangkuning. Selama dalam perjalanan beliau juga berdakwa kepada penduduk setempat yang dilaluinya. Dakwah yang pertama kali dilakukannya cukup unik. Beliau membuat kerajinan berbentuk kipas yang terbuat dari akar tumbuh-tumbuhan tertentu dan anyaman rotan. Kipas-kipas itu dibagi bagikan kepada penduduk setempat secara gratis.
Penduduk yang menerima kipas itu merasa sangat senang. Terlebih setelah mereka mengetahui kipas itu bukan sembarang kipas, akar yang dianyam bersama rotan itu berdaya penyembuh bagi mereka yang terkena penyakit batuk dan demam. Dengan cara itu semakin banyak orang yang berdatangan kepada Raden Rahmat. Pada saat demikianlah ia memperkenalkan keindahan agama Islam sesuai tingkat pemahaman mereka.
Cara itu terus dilakukan hingga rombongan memasuki desa Kembangkuning. Pada saat itu wilayah desa kembangkuning belum seluas sekarang ini. Di
Di tempat itu pula Raden Rahmat bertemu dan berkenalan dengan dua tokoh masyarakat yaitu ; Ki Wiryo Sarojo dan Ki Bang kuning. Kedua tokoh masyarakat itu bersama keluarganya masuk islam dan menjadi pengikuti Raden Rahmat.
Dengan adanya ketua tokoh masyarakat itu maka semakin mudah bagi Raden Rahmat untuk mengadakan pendekatan kepada masyarakat sekitarnya. Terutama kepada masyarakat yang masih memegang teguh adat kepercayaan lama. Beliau tidak langsung melarang mereka, melainkan memberikan pengertian sedikit demi sedikit tentang pentingnya ajaran ketauhidan. Jika pencipta Alam, maka secara otomatis mereka akan meninggalkan sendiri kepercayaan lama yang bertentangan dengan ajaran Islam.
Setelah sampai di tempat tujuan, pertama kali yang dilakukannya adalah membangun Masjid sebagai pusat kegiatan ibadah, ini meneladani apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW saat pertama kali sampai di Madinah.
Dan karena beliau menetap di desa Ampeldenta, menjadi penguasa daerah tersebut maka kemudian beliau dikenal sebagai Sunan Ampel. Sunan berasal dari kata susuhunan, artinya yang di Junjung tinggi atau panutan masyarakat setempat.
Selanjutnya beliau mendirikan pesantren tempat mendidik putra bangsawan dan pangeran Majapahit serta siapa saja yang mau datang berguru kepada beliau.
4. AJARANNYA YANG TERKENAL
Hasil didikan beliau yang terkenal adalah falsafah Moh Limo atau tidak melakukan
1. Moh main atau tidak mau berjudi.
2. Moh ngombe atau tidak mau minum arak atau bermabuk-mabukan.
3. Moh Maling atau tidak mau mencuri
4. Moh Madat atau tidak mau mengisap candu, ganca dan lain-lain
5. Moh Madon atau tidak mau berzinah / main perempuan yang bukan istrinya.
Prabu Brawijaya sangat senang atas hasil didikan Raden Rahmat. Raja menganggap agama islam itu adalah ajaran budi pekerti yang mulia. Maka ketika Raden Rahmat kemudian mengumumkan ajarannya adalah agama Islam maka Prabu Brawijaya tidak menjadi marah, hanya saja ketika dia diajak untuk memeluk agama Islam ia tidak mau. Ia ingin menjadi raja Budha yang terakhir di Majapahit.
Raden Rahmat diperbolehkan menyiarkan agama Islam di Wilayah
5. SESEPUH WALISONGO
Setelah Syekh Maulana Malik Ibrahim Wafat, maka Sunan Ampel diangkat sebagai sesepuh Wali Songo, sebagai mufti dan putra Sunan Ampel sendiri juga menjadi anggota Wali Songo, mereka adalah : Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, Sunan Kota atau Raden Patah, Sunan Kudus, Sunan Gunungjati.
Raden Patah atau Sunan Kota memang pernah menjadi anggota wali songo menggantikan kedudukan salah seorang wali yang meninggal dunia. Dengan diangkatnya Sunan Ampel sebagai sesepuh maka para wali lain tunduk patuh kepada kata-katanya. Termasuk fatwa beliau dalam memutuskan peperangan dengan pihak Majapahit.
“Mengapa Ramanda berpendapat demikian?” tanya Raden Patah yang terhitung menantunya sendiri. “Karena aku tidak ingin di kemudian hari ada orang menuduh Raja Demak Bintoro yang masih putra Raja Majapahit Prabu Kertabumi telah berlaku durhaka, yaitu berani menyerang ayahandanya sendiri.” Jawab Sunan Ampel dengan tenang.
“Lalu apa yang harus saya lakukan?”
“Kau harus sabar menunggu sembari menyusun kekuatan,” Ujar Sunan Ampel.” Tak lama lagi Majapahit akan runtuh dari dalam. Diserang adipati lain. Pada saat itulah kau berhak merebut hak warismu selaku putra Prabu Kertabumi.”
“Majapahit diserang adipati lain ? Apakah saya tidak berkebewajiban membelanya?”
“Inilah ketentuan Tuhan,” Sahut Sunan Ampel.” Waktu kejadiannya masih dirahasiakan. Aku sendiri tidak tahu persis kapankah peristiwa itu akan berlangsung. Yang jelas bukan kau adipati yang menyerang Majapahit itu” Sunan Ampel adalah penasehat Politik Demak Bintoro. Sekaligus merangkap pemimpin wali songo atau Mufti agama se Tanah Jawa. Maka fatwanya dipatuhi semua orang.
Kekuatiran Sunan Ampel tersebut memang terbukti. Dikemudian hari ternyata ada orang-orang pembenci Islam memutar balikkan fakta sejarah. Mereka menuliskan bawah Majapahit jatuh diserang oleh kerajaan Demak Bintoro yang rajanya adalah Putra Raja Majapahit sendiri. Dengan demikian Raden Patah dianggap anak durhaka. Ini dapat anda lihat dalam serat darmo gandul maupun sejarah yang ditulis sarjana kristen pembenci Islam.
Raden Patah dan para wali lainnya akhirnya tunduk patuh pada fatwa Sunan Ampel. Tibalah saatnya Sunan Ampel Wafat pada tahun 1478. Sunan Kalijaga diangkat sebagai penasehat bagian politik Demak. Sunan Giri diangkat sebagai pengganti Sunan Ampel sebagai Mufti, pemimpin para wali dan pemimpin agama Se- Jawa. Sesepuh yang selalu diminta pertimbangannya. Setelah sunan Giri diangkat menjadi mufti sikapnya terjadap Majapahit sekarang berubah. Ia menyetujui usul aliran Tuban untuk memberi fatwa kepada Raden Patah agar menyerang Majapahit.
Mengapa Sunan Giri bersikap demikian ?
Karena pada tahun 1478 kerajaan Majapahit diserang oleh Prabu Rana Wijaya atau Girindrawardhana dari kadipaten
Demak kemudian bersiap-siap menyusun kekuatan. Namun belum lagi serangan dilancarkan, Prabu Rana Wijaya keburu tewas diserang oleh Prabu udara pada tahun 1498.
Pada tahun 1512, Prabu Udara selaku Raja Majapahit merasa terancam kedudukannya karena melihat kedudukan yang didukung Giri Kedaton semakin kuat dan Mapan. Prabu Udara kuatir jika terjadi peperangan akan menderita kekalahan. Maka dia minta bekerjasama dan minta bantuan Portugis di Malaka. Padahal putra Mahkota Demak yaitu Pati Unus pada tahun 1511 telah menyerang Portugis di Malaka.
Sejarah telah mencatat bahwa prabu Udara telah mengirim ke Malaka untuk menemui Alfonso d Albuquerque untuk menyerahkan hadiah berupa 20 genta (gamelan), sepotong kain panjang bernama Beirami tetunan kambayat , 13 batang lembing yang ujungnya berbesi dan sebagainya. Maka tidak salah jika jika pada tahun 1517 Demak menyerang Prabu Udara yang merampas tahta Majapahit ke tangan Demak. Seandainya Demak tidak segera menyerang Majapahit tentu bangsa Portugis akan menjajah tanah jawa jauh lebih cepat dari pada bangsa Belanda. Setelah Majapahit jatuh Pusaka kerajaan diboyong ke Demak Bintoro. Termasuk Mahkota Rajanya. Raden Patah diangkat sebagai raja demak yang pertama.
Sunan Ampel juga turut membantu mendirikan Masjid Agung Demak yang didirikan pada tahun 1477 M. salah satu di antara empat tiang utama masjid Dema hingga sekarang masih diberi nama sesuai dengan yang membuatnya yaitu Sunan Ampel.
Beliau pula pertama kali menciptakan Huruf Pegon atau tulisan Arab berbunyi jawa. Dengan huruf pegon ini beliau dapat menyampaikan ajaran-ajaran Islam kepada para muridnya. Hingga sekarang huruf pegon tetap dipakai sebagai bahan pelajaran agama Islam di kalangan Pesantren.
6. PENYALAMAT AQIDAH
Sikap Sunan Ampel terhadap adat – istiadat lama sangat hati-hati. Hal ini didukung oleh Sunan Giri dan Sunan Drajat seperti yang pernah tersebut dalam permusyawaratan para wali di Masjid Agung Demak. Pada waktu itu Sunan Kalijaga mengusulkan agar adat – istiadat Jawa seperti selamatan, bersaji, kesenian wayang dan gamelan dimasuki rasa keislaman. Mendengar pendapat sunan Kalijaga tersebut bertanyalah sunan ampel “Apakah tidak mengkhawatirkan di kemudian hari bahwa adat istiadat dan upacara lama itu nanti dianggap sebagai ajaran yang berasal dari agama islam ? jika hal ini dibiarkan nantinya akan menjadi bid’ah?
Dalam musyawarah itu Sunan Kudus menjawab pertanyaan Sunan Ampel, “Saya setuju dengan penapat sunan kalijaga, bahwa adat istiadat lama yang masih bisa diarahkan kepada agama tauhid maka kita akan memberinya warna Islam. Sedang adat dan kepercayaan lama yang jelas-jelas menjurus kearah musyrikan kita tinggal sama sekali. Sebagai misal gamelan dan wayang kulit, kita bisa memberinya warna Islam sesuai dengan selera masyarakat. Adapun tentang kekuatiran Kanjeng sunan Ampel, saya mempunyai keyakinan bahwa di belakang hari akan ada orang yang menyempurnakannya.
Adanya dua pendapat yang seakan bertentangan tersebut sebenarnya mengandung hikmah. Pendapat sunan Kalijaga dan sunan kudus ada benarnya yaitu agar agama Islam cepat diterima oleh orang Jawa dan ini terbukti, dikarenakan dua wali tersebut pandai mengawinkan adat – istiadat lama yang dapat ditolerir islam maka penduduk jawa banyak yang berbondong-bondong masuk agama islam. Pada prinsipnyanya mereka mau menerima Islam lebih dahulu dan sedikit demi sedikit kemudian mereka akan diberi pengertian akan kebersihan tauhid dalam iman mereka.
Sebaliknya, adanya pendapat sunan ampel yang menginginkan Islam harus disiarkan dengan murni dan konsekuen juga mengandung hikmah kebenaran yang hakiki. Sehingga membuat ummat semakin berhati-hati menjalankan syariat agama secara benar dan bersih dari segala macam bid’ah. Inilah jasa Sunan Ampel yang sangat besar, dengan peringatan inilah beliau telah menyelematkan aqidah ummat agar tidak tergelincir ke lembah musyrik.
Sunan Ampel wafat pada tahun 1478 M. beliau dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel.
7. MURID-MURID SUNAN AMPEL
Sebagaimana disebutkan di muka murid-murid Sunan Ampel itu banyak sekali, baik dari kalangan bangsawan dan para pangeran Majapahit maupun dari kalangan rakyat jelata. Bahkan beberapa anggota wali songo adalah murid-murid beliau sendiri.
Kali ini kami tampilkan kisah dua orang murid Sunan Ampel yang makamnya tak jauh dari lokasi Sunan Ampel dimakamkan, yaitu :
KISAH MBAH SOLEH
Mbah soleh adalah salah satu dari sekian banyak murid Sunan Ampel yang mempunyai karomah atau keistimewaan luar biasa.
Adalah sebuah keajaiban yang tak ada duanya, ada seorang manusia di kubur hingga sembilan kali. Ini bukan cerita buatan melainkan ada buktinya. Disebelah timur Masjid Agung Sunan Ampel ada sembilan kuburan. Itu kuburan sembilan orang tapi hanya kuburan seorang yaitu Murid Sunan Ampel yang bernama Mbah Soleh.
Kisahnya demikian, Mbah soleh adalah tukang sapu masjid Ampel dimasa hidupnya Sunan Ampel. Apabila menyapu lantai masjid sangatlah bersih sekali hingga orang yang sujud di masjid tanpa sajadah tidak merasa ada debunya.
Ketika Mbah Soleh wafat beliau dikubur di depan Masjid. Ternyata tidak ada santi yang sanggup mengerjakan pekerjaan Mbah soleh yaitu menyapu lantai masjid dengan bersih sekali. Maka sejak ditinggal Mbah Soleh masjid itupun lantainya menjadi kotor. Kemudian terucaplah kata-kata Sunan Ampel, “Ba mbah soleh masih hidup tentulah masid ini menjadi bersih.”
Mendadak Mbah soleh ada di pengimaman masjid sedang menyapu lantai. Seluruh lantaipun sekarang menjadi bersih lagi. Orang-orang pada terheran melihat mbah soleh hidup lagi.
Beberapa bulan kemudian Mbah soleh wafat lagi dan dikubur di samping kuburannya dulu. Masjid menjadi koto lagi. Lalu terucaplah kata-kata Sunan Ampel seperti dulu. Mbah solehpun hidup lagi. Hal ini berlangsung beberapa kali sehingga kuburannya ada delapan. Pada saat kuburan mbah soleh ada delapan. Sunan Ampel meninggal dunia. Beberapa bulan kemudian mbah soleh meninggal dunia, sehingga kuburan mbah soleh ada sembilan. Kuburan yang terakhir berada di ujung paling timur.
Jika anda sempat berziarah ke makam Sunan Ampel, jangan lupa untuk berdoa di depan makam mbah soleh.
KISAH MBAH SONHAJI
Mbah sonhaji sering disebut mbah bolong. Apa pasalnya. Ini bukan gelar kosong atau sekedar olok-olokan. Beliau adalah salah seorang murid sunan Ampel yang mempunyai karomah yang luar biasa.
Kisahnya demikian. Pada waktu pembangunan masjid Agung Ampel, Sonhaji lah yang ditugasi mengatur tata letak pengimamannya. Sonhaji bekerja dengan tekun dan penuh perhitungan, jangan sampai kelak letak pengimaman masjid itu tidak menghadap ke arah kiblat. Tapi setelah bangunan pengimaman itu jadi banyak orang yang meragukan keakuratannya.
“Apa betul letak pengimam masjid ini sudah menghadap ke Kiblat ?” demikian tanya orang yang meragukan pekerjaan sonhaji.
Sonhaji tidak menjawab, melainkan melubangi dinding pengimaman sebelah barat lalu berkata, “Lihatlah ke dalam lubang ini, kalian akan tahu apakah pengimaman ini sudah menghadap kiblat atau belum?”
Orang-orang itu segera melihat ke dalam lubang yang buat sonhaji. Ternyata di dalam lubang itu mereka dapat melihat ka’bah yang berada di Mekah. Orang-orang pada melongo, terkejut,kagum dan akhirnya tak berani meremehkan sonhaji lagi. Dan sejak saat itu mereka lebih bersikap hormat kepada sonhaji dan mereka memberinya julukan mbah bolong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar