Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 16 Desember 2008

Trouble Shooting

ANALISA

Saat kita sedang menghidupkan komputer / membuka komputer yang biasanya disebut dengan trouble shooting. Jika pada waktu trouble shooting tiba-tiba CPU mati, bisa dikarenakan beberapa kemungkinan, diantaranya :

1. Power Supply, terutama pada tegangan sekunder + 5 DC

2. Saklar tidak menancap ke power motherboard, biasanya tampilan tidak muncul dan tidak mengeluarkan suara.

v Analisa menggunakan CPU dan Proyektor

Pengertian Memory

Memory adalah media penyimpanan data pada komputer. Kali ini kita menggunakan memory RAM ( Random Acces Memory). Memory RAM adalah memory yang dapat kita akses secara random. Memory RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (Power On) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam memory akan hilang.

Tujuan Memory Ram

Tujuan dari memory RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpan eksternal, seperti disket, Harddisk, PCM CIA Card dan lain-lain.

Percobaan Menggunakan Memory RAM

Ø Memory Hidu (masih bisa digunakan) yang ditancapkan pada motherboard; saat tombol power pada cpu dihidupkan, CPU akan berbunyi klik, tetapi hanya satu kali.

Ø Memory rusak (tidak bisa digunakan) yang ditancapkan pada papan motherboard; saat tombol power pada CPU dihidupkan, cpu akan berbunyi klik panjang, berturut-turut dan terputus.

Ø Tanpa menggunakan memory ; saat tombol power dihidupkan, CPU akan berbunyi klik panjang, berturut-turut dan terputus-putus.

Ø Memory hanya ditancapkan / menempel, tidak dikunci pada slotnya ; saat tombol power pada CPU dihidupkan, CPU akan berbunyi klik berulang-ulang dan putus-putus, dan tidak ada tampilan apapun yang muncul dari proyektor.

v Menggunakan VGA Card CPU

Ø VGA CARD hidup (masih bisa digunakan); saat tombol power pada CPU dihidupkan, tidak ada tampilan apapun yang muncul.

Ø VGA CARD rusak (tidak bisa digunakan); saat tombol power pada cpu dihidupkan akan muncul tampilan pada proyektor.

v Menggunakan Kabel Data

Kabel data adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan papan induk dengan piranti tambahan seperti Harddisk, CD – Rom device dan lain-lain. Kabel data ada dua macam, yaitu IDE untuk Harddisk, CD – ROM drive dan disk drive

Ø Kabel data dilepas dari VGA, saat tombol power pada CPU dihidupkan akan berbunyi klik ….. 3 x dan hanya berlangsung 1 x

Ø Kabel data ditancapkan; saat tombol power dihidupkan akan berbunyi klik panjang ix dan akan muncul tampilan pada proyektor.

v Menggunakan Processor

Processor adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Processor terdiri dari 2 bagian utama yaitu :

§ Control Unit (CU), merupakan komponen utama processor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device

§ Arithmetic logic unit (ALU), merupakan bagian dari processor yang khusus mengolah data artimatika (menambah, mengrang dan lain-lain), serta data logika (perbandingan).

Ø Processor dilepas; saat tombol power pada CPU dihidupkan, CPU tidak berbunyi apapun dan tidak menampilkan apapun.

Ø Posisi processor hanya menempel, tidak menancap dan tidak dikunci pada slotnya ; saat tombol power pada CPU dihidupkan tidak berbunyi apapun dan tidak menampilkan apapun.

Ø Processor hidup (masih bisa digunakan); saat tombol pwer pada cpu dihidupkan akan berbunyi klik 1 x dan memunculkan tampilan pada proyektor.

Ø Processor rusak (tidak bisa digunakan), saat tombol power pada CPU dihidupkan, cpu tidak mengeluarkan bunyi maupun tampilan apapun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU