Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 29 November 2008

Pengertian Virus

Pengertian Virus

Kebanyakan dari orang masih bertanya-tanya Apakah Virus itu hidup atau mati ? dan kebanyakan orang – orang berpikir bahwa virus sangat merugikan bagi manusia. Tetapi ada juga yang menguntungkan. Karena virus mempunyai macam-macam jenis.

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan mengendalikan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofage atau fage digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel). Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya Genom virus menyandi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya.

Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus Flu Burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik)

Kebanyakan virus menimbulkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan, akan tetapi melalui teknik rekayasa genetika, beberapa dari jenis virus di manfaatkan untuk aplikasi. Misalnya dalam bidang kesehatan dan pertanian.

Macam-macam Virus :

a. Pada hewan

1. NCDV (New Castle Disease Virus) adalah virus yang menyebabkan tatelo pada unggas.

2. Penyakit mulut dan kuku pada sapi dan kerbau

3. RSV (Rous Sarcoma Virus) penyebab penyakit kanker pada ayam.

4. Penyakit rabies pada anjing.

b. Pada Tumbuhan

1. TMV (Tobacco Mosaic Virus) penyebab penyakit mosaik pada tembakau

2. Tungro penyakit padi yaitu virus tungro

3. CVPD ( Citrus Vein Phloem degeneration)

c. Pada Manusia

1. Myxovirus A (Virus ARN) penyebab influenza

2. Rhinovirus penyebab penyakit demam

3. Coronavirus penyebab SARS

4. Herpes simplex virus penyebab herpes

5. Hepatitis Virus penyebab hepatitis

6. HIV (Human Immunodeficiency Virus) penyebab AIDS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU