Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Jumat, 28 November 2008

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi pesatnya penyebaran Islam Di Indonesia

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi pesatnya penyebaran Islam Di Indonesia

Sejak abad ke – 7 para pedagang dari Arab, Persia, dan India ambil bagian dalam perkembangan Agama Islam di Indonesia. Mereka memperdagangkan rempah-rempah dan emas. Selat Malaka merupakan wilayah Indonesia yang paling ramai dikunjungi para pedagang. Para pedagang ini singgah di Indonesia untuk sementara waktu dan menanti sat yang tepat untuk meneruskan pelayarannya ke wilayah lain seperti ke China. Pelayaran pada saat itu dipengaruhi oleh arah angin. Maka dari itu sambil menunggu arah angin yang sesuai dengan tujuan, mereka tinggal beberapa saat di suatu wilayah, salah satunya Indonesia. Ramainya di wilayah Indonesia pada saat itu menyebabkan perkembangan kota-kota Bandar di sepanjang pantai yang merupakan jalur perdagangan Indonesia. Pada saat para pedagang Islam singgah di kota-kota Bandar, terjadi interaksi antara pedagang Islam, pendatang, dan penduduk Pribumi. Pedagang Islam dan gujarat tersebut selain berdagang juga menyiarkan Islam, sehingga penduduk pribumi terpengaruh ajaran dan kebudayaan Islam. Khususnya daerah pesisir pantai. Namun daerah pedalaman sulit masuknya. Karena umumnya tidak dilalui jalur perdagangan

Banyak sekali faktor penyebaran Islam melalui perdagangan sangat efektif, hal itu dikarenakan !

Ø Agama Islam cepat menyebar ke seluruh daerah-daerah di Indonesia karena peran bandar-bandar perdagangan di Indonesia berfungsi sebagai penyebar agama Islam, dari satu tempat-ke tempat yang lain dengan cepat yang dilakukan oleh para pedagang Islam, dan Islam akhirnya tersebar di daerah bandar-bandar perdagangan, seperti Malaka daerah asal bahan baku komoditas dagang seperti maluku.

Ø Dengan perdagangan, banyak pihak yang tetarik antara lain pedaang, penjual, saudagar besar, para bangsawan, sampai raja. Mereka semua adalah orang-orang yang penting dalam hal perdagangan dan pelayaran. Saat proses Islamisasi terjadi, mereka dapat memeluk agama Islam dalam waktu yang relatif singkat dibanding dengan faktor-faktor lain, faktor perdagangan yang sangat efektir karena dapat menjangkau beberapa orang pihak yang berdayang.

Ø Agama Islam adalah agama yang sederhana dalam menyembah-Nya. Hal ini terutama oleh sistem pemujaan roh tidak mudah dibawa kemana-mana. Menurut kepercayaan setempat apabila seseorang meninggalkan lingkungannya dia bisa dikuasai roh-roh yang dimanipulasi musuh-musuhnya, oleh sebab itu mereka harus sering pulang kampung kedesa untuk memuja nenek moyangnya. Hal ini sangat menyulitkan pedagang yang sering berpergian. Dengan demikian banyak para pedagang akhirnya memeluk agama Islam, karena mereka bisa memohon perlindungan Tuhan dimana saja tanpa pulang kampung.

Ø Dengan berjalannya waktu, banyak pedagang-pedagang timur tengah membutuhkan barang=barang komoditas Indonesia seperti rempah-rempah, lada, dan sebagainya. Demikian juga pedagang dari Indonesia yang membutuhkan tekstil permadani dari timur tengah, sehingga mereka saling berinteraksi secara lebih dibanding pedagang yang lain, hal ini dapat mempercepat penyebaran Islam.

Ø Islam sangat cocok dengan jiwa para pedagang, dengan memeluk Islam maka hubungan diantara pedagang semakin bertambah erat. Sesuai dengan ajaran Islam, bahwa setiap orang Islam itu bersaudara. Dengan demikian persaudaraan itu dapat membina antara pedagang timur tengah dengan pedagang Indonesia, sehingga agama Islam di terima baik oleh pedagang dan penduduk Indonesia.

Ø Para penduduk pribumi Indonesia banyak yang menganggap, bahwa pedagang dan saudagar timur tengah, kedudukan statusnya tinggi hal ini menarik mereka untuk menikahkan dengan anak mereka, sehingga banyak yang masuk Islam, umumnya yang tertarik adalah para pedagang Indonesia, dan penduduk Asli.

Ø Indonesia terkenal dengan hasil komoditasnya yang laku sampai pasar dunia, sehingga banyak pedagang timur tengah yang tertarik untuk berdagang disana dan menyebarkan agama Islam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU