Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 15 Oktober 2008

HORMON PADA TUMBUHAN

HORMON PADA TUMBUHAN


Hormon merupakan zat kimia yang dibuat oleh tumbuhan dan berfungsi mengatur proses pertumbuhan. Hormone ini sering disebut sebagai zat tumbuh. Hormon tumbuhan yang telah dikenal, antara lain auksin, sitokonin, dan giberelin.

a. Auksin

Auksin dihasilkan oleh tumbuhan pada bagian ujung batang (tunas), daun muda, bunga, buah, dan ujung akar. Pengaruh auksin terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain :

§ Merangsang pertumbuhan akar samping (lateral) dan akar tersebut.

§ Merangsang perpanjangan sel-sel batang dan menghambat perpanjangan sel-sel akar.

§ Merangsang pembentukkan bunga

§ Mempercepat kegiatan pembelahan sel pada titik tumbuh.

Auksin yang terdapat di ujung batang (meristem apical) dapat menghambat pertumbuhan cabang samping. Keadaan ini disebut dominasi apical. Oleh karena itu,

b. Sitokinin

Sitokinin dihasilkan oleh tumbuhan pada bagian akar dan diangkat ke organ lainnya, pengaruh sikonin terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain :

§ Mempengaruhi pertumbuhan akar

§ Merangsang pembelahan sel dengan cepat

§ Menghambat penuaan

§ Mengatur pembentukkan bunga dan buah

c. Giberelin

Giberelin dihasilkan oleh tumbuhan pada bagian jaringan meristem akar, meristem batang, dan daun muda. Pengaruh giberelin terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain :

§ Mempengaruhi perkembangan embrio dan kecambah

§ Menyebabkan pertumbuhan pada tumbuhan raksasa

§ Menyebabkan terbentuknya buah yang besar dan tidak berbiji

§ Merangsang perbungaan.

1 komentar:

POSTING TERBARU