Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Minggu, 26 September 2010

CARA MEMBANGUN KEAKRABAN DENGAN ANAK KITA

CARA MEMBANGUN KEAKRABAN DENGAN ANAK KITA

Perubahan pada anak tidak selalu diikuti oleh perubahan kita sebagai orang tua, bahkan secara tidak sadar kita sebagai orang tua secara tidak sadar berusaha untuk mempertahankan otoritasnya ketergantungan anak kita selama mungkin.
Semakin renggang bukanlah kejadian luar biasa. Namun bukan berarti kita sebagai orang tua menyikapinya dengan membiarkan hubungan kita dengan anak kita semakin renggang. Banyak cara yang dapat kita lakukan dengan membangun kembali keakraban dengan putra-putri kita, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Bermain dan bercanda dengan anak
Kebutuhan untuk bermain dan bercanda tidak monopoli anak yang masih sangat kecil. Bahkan anak yang mulai menginjak remaja masih sangat perlu untuk kita ajak bermain dan bercanda.

2. Memberi kecupan, perhatian, dan kasih sayang
Anak yang selalu kita beri kecupan setiap mereka berpisah dengan kita lebih besar kemungkinan untuk terbebas dari pengaruh negative, kecupan di kening melahirkan ikatan yang kuat, mewujudkan perhatian, dan menumbuhkan kasih sayang.

3. Berdialog dan berbagi dengan anak
Dialog yang baik dan sharing (berbagi rasa) yang efektif akan meningkatkan secara signifikan kepercayaan diri anak. Seorang anak yang selalu diajak dialog dan sharing orang tua akan merasakan keberadaan dirinya sangatlah bermakna bagi jiwa sosialnya.

4. Menggunakan respond an menghindari reaksi
Reaksi adalah tindakan yang didasari dari pemikiran pertama saat melihat perilaku posifit/negative anak. Respon adalah tindakan yang didasari dengan pemikiran mendalam dengan melihat sebab dan akibat terhadap perilaku di atas.

5. Memberikan hadiah, penghargaan dan pujian kepada anak
Dengan saling memberi hadiah, maka kita akan saling menyanyangi

6. Lebih banyak mendengar daripada berbicara.
Saat anak bereksplorasi dengan lingkungan baru dengan nilai-nilai yang seringkali berbeda, sebenarnya mereka mempunyai pertanyaan-pertanyaan dalam benak. Jika kita sebagai orang tua mampu merangsang mereka untuk menyampaikan kepada kita tanpa rasa takut, kita akan mempunyai kesempatan untuk membangun pola piker yang baik. Pastikan kita sebagai orang tua lebih banyak mendengar dan membiarkan anak berkata tanpa rasa takut dan malu.

Demikian tips ini sata tulis sebagai dapat menjembatani atau memperbaiki hubungan anda sebagai orang tua dengan anak anda yang disebabkan oleh pekerjaan atau aktifitas yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERBARU