Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Jumat, 26 Maret 2010

Konsep Percentile

Konsep Percentile

Dikarenakan adanya variasi yang sifatnya signifikan pada ukuran tubuh tiap individu, maka digunakanlah konsep rata-rata untuk memudahkan, bila dibandingkan dengan penggunaan konsep “Range”. Secara statistik, terlihat bahwa ukuran tubuh manusia pada suatu populasi tertentu akan terkonsentrasi pada suatu nilai tengah dan suatu bagian terkecil dari harga ekstrim akan berada di kedua sisi kurva distribusi. Karena tidaklah praktis untuk mendesain bagi seluruh bagian populasi, maka dilakukanlah pemilihan pada bagian tengah dari distribusi, dimana sebagian besar nilai terkonsentrasi.

Sebagian besar data anthropometri dinyatakan dalam bentuk persentil. Suatu populasi, untuk kepentingan studi, dibagi dalam 100 kategori persentase, diurutkan dari nilai terkecil sampai terbesar, pada suatu ukuran tubuh tertentu. Persentil pertama ukuran tubuh, sebagai contoh, menunjukkan bahwa 99% dari populasi yang diamati mempunyai tinggi di atas ukuran tersebut. Demikian juga nilai persentil ke-95 dari ukuran tinggi tubuh menunjukkan bahwa terdapat 5% bagian populasi yang memiliki tinggi yang sama atau lebih rendah. Pada dasarnya, persentil menyatakan persentase manusia dalam suatu populasi yang memiliki dimensi tubuh yang sama (atau lebih kecil) dari nilai tersebut.

Nilai persentil ke-50 dapat mendekati nilai rata-rata dari suatu kelompok tertentu, namun tidak berarti rata-rata orang memiliki nilai tersebut.

Apabila berbicara mengenai percentile, terdapat dua hal penting yang harus dipahami, yaitu: yang pertama, suatu nilai percentile anthropometry pada individu hanya mengacu pada satu ukuran tubuh saja, seperti tinggi tubuh atau tinggi duduk dan yang kedua, tidak ada seseorang yang disebut sebagai orang percentile ke-95 atau orang percentile ke-5. Tidak ada orang yang memiliki nilai persentil yang sama pada semua ukuran tubuhnya, karena tidak ada korelasi yang sempurna antar bagian tubuh. Seseorang yang memiliki nilai persentil ke-50 untuk tinggi tubuhnya dapat memiliki tinggi lutut pada persentil ke-40 atau panjang tangan pada persentil ke-60.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU