Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 30 Januari 2010

NASIHAT ORANG TUA KEPADA ANAK

NASIHAT ORANG TUA KEPADA ANAK

Semoga Allah SWT berkenan memberi petunjuk dan pertolongan kepada kita dalam beramal shalih. Orang tua akan merasa gembira jika melihat kita sehat-sehat selalu, pandai, cerdas, cepat mengerti, berakhlak mulia, memegang teguh ajaran agama, ramah tamah, lemah lembut, dan banyak teman yang simpati kepada kita. Karena kita suka menolong dan menyantuni orang lemah dan miskin, memaafkan kesalahan orang lain, dan tidak mengabaikan hak hak kita terhadap Allah SWT, pencipta kita.
Jika kita anak yang suka menerima nasihat, maka kita harus menerima nasihat orang tua. Sebab orang tua adalah guru yang mengasuh rohani kita. Tidak ada seorang pun yang mengharapkan kebahagiaan kita, melebihi orang tua kita.
Nasihat ini timbul dari hati orang tua yang suci. Terimalah apa saja yang disampaikan kepada kita. Laksanakanlah semuanya itu dengan sebaik-baiknya. Baik di sekolah maupun di luar sekolah
Jika kita tidak mau mengindahkan nasihat orang tua, berarti merugikan diri kita sendiri, pasti dijauhi teman- teman sebaya kita.
Jika kita tidak mau meneladani sepak terjang gurumu, maka siapa lagi yang akan kita tiru? Lalu, untuk apa kita bersusah payah duduk dihadapan orang tua?
Orang tua betul betul mengharapkan anak yang salih dan berbudi, apakah kita menginginkan orang tua kita benci dan tidak mengindahkan kemaslahatannya? Tentu tidak, bukan?
Orang tua benar-benar sangat mengharapkan kebahagiaan kita. Oleh sebab itu, bantulah orang tua dalam melaksanakan tugas suci ini, dalam artian mau menjalankan dan mematuhi apa saja yang diajarkan kepada kita tentang akhlak yang sempurna. Akhlak yang baik itu adalah merupakan perhiasan bagi manusia, baik untuk diri sendiri, teman-teman sebaya dan sanak saudaranya. Oleh karena itu, hendaklah kita berbudi pekerti yang mulia, agar dihormati dan disegani oleh masyarakat sekitar kita.
Jika ilmu pengetahuan itu tidak dihiasi dengan akhlak yang mulia, maka kepandaian kita akan lebih berbahaya daripada kebodohan kita. Tetapi tidak ada sedikit pun alas an untuk tidak berhias dengan akhlaqul karimah (budi pekerti yang mulia)
Janganlah kita takut pengawasan orang tua terhadap dirimu. Sebab meneliti diri sendiri lebih afdal dari pada dikoreksi oleh orang lain.
Rosulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini untuk Zat-Nya sendiri. Dan tidaklah patut untuk agama mu ini kecuali dermawan dan budi pekerti yang baik. Oleh sebab itu, ingatlah, hiaslah agamamu ini dengan dua sifat itu,”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU