Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Senin, 18 Januari 2010

Hidup Harus Seimbang


Hidup Harus Seimbang

Ingin hidup tentram dan bahagia adalah dambaan setiap insan manusia baik dari belahan dunia seberang dan negeri kita sendiri, dari yang miskin bahkan yang kaya pun masih juga membutuhkan kebahagiaan hidup, banyak diantara kita mengharapkan hidup bahagia hanya berdasarkan pada jumlah kepemilikan harta semata, pada dasarnya kekayaan dan kemiskinan adalah ujian untuk manusia dari sang pencipta Alam yaitu Allah SWT.
Allah SWT membolak balikkan suasana hati manusia sebagai ujian yang nyata bagi kita sebagai manusia, yang kaya di uji dengan berbagai kelebihan yang mereka miliki, apa mereka sibuk berfoya foya dengan hartanya atau menyombongkan diri dengan yang lain, kita yang masih di dera ketikdak mampuan dalam hal ekonomi juga diberi ujian, sejauh mana kita dapat bersyukur dan senantiasa berusaha mendapatkan yang kita inginkan dengan jalan yang benar, sejatinya kaya dan miskin adalah bentuk ujian dan anugera sejauh mana kita menyikapi atas apa yang Tuhan berikan pada kita.
Banyak diantara kita baik yang kaya ataupun yang miskin ingin mendambakan kebahagian dan ketentraman yang sejati, tapi tidak tahu harus berbuat seperti apa agar bisa hidup seperti diatas, manusia akan hidup bahagia dan tentram dalam dunia ini apabila dapat mengerjakan hidup secara seimbang dan tetap istiqomah dengan apa yang sudah menjadi bagian yang harus kita lakukan.
Jika memang menginginkan hidup bahagia dan tentram hendaknya kita bisa menjalan beberapa tips dibawah ini yang Insya Allah bila kita melakukannya dengan sebaik dan sebenarnya kita akan meraihnya yaitu :
1. Menjalankan perintah Agama,
agama adalah sumber kebahagiaan bagi kita yang ingin bahagia, banyak diantara kita sibuk dengan rutinitas duniawi yaitu sibuk bekerja, menikmati kekayaan dan pergaulan hidup yang membuat kita lupa serta seringkali kita terlena hingga terjerumus dalam lingkaran yang merugikan baik jiwa dan fisik kita, keputus asaan dan jiwa yang kering itu menunjukkan kita jauh dari ajaran agama yang kita anut, maka dari itu kebutuhan jiwa utamanya adalah menjalankan perintah agama dengan sebaik baiknya, dengan mengaplikasikan nya dalam kehidupan sehari hari, baik dirumah, dikantor maupun dalam pergaulan sehari-hari.
2. Bekerja,
bekerja juga penting bagi hidup kita karena dengan bekerja kita akan bisa membiayai kebutuhan keluarga kita bagi yang sudah bekeluarga, menabung sebagai bekal untuk mempersiapkan pernikahan bagi mereka yang hendak membentuk rumah tangga, ada pepatah bilang mengatakan “Bekerjanya kamu seolah olah kamu masih hidup lebih lama lagi didunia” apa yang kita tangkap dari pepatah ini tidak semestinya membuat kita bermalas malasan dalam bekerja hanya makan gaji buta, menyelewengkan waktu bekerja, mengambil yang bukan hak nya dalam bekerja. Bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas yang kita dapatkan dari pimpinan perusahaan adalah penting tapi kita juga harus tahu waktu, kapan waktunya bekerja, beristirahat dan pulang, karena hidup hanya digunakan untuk bekerja cepat atau lambat hidup akan terasa gersang hanya mengejar materi saja, ujung ujungnya pelampiasan yang merugikan kita dengan pergaulan yang tidak sehat.
3. Belajar,
belajar adalah salah satu kebutuhan yang harus di lakukan, sejatinya kita mulai dilahirkan di dunia ini adalah belajar, belajar menangis, berdiri sampai dapat berjalan. Belajar memiliki urutan terpenting, dengan belajar kita bisa menjadi tahu, semakin dewasa dalam bersikap dan sebagai bekal kita dalam dalam mencari nafkah, dengan belajar kita mengangkat harkat dan martabat kita di mata orang lain, membedakan satu dengan yang lain senantiasa santun bagai pada yang semakin berisi semakin menunduk, ilmu itu luas maka bila kita ingin menjadi pribadi yang mengerti harus bisa belajar dari setiap aspek dan sudut hidup yang kita jalani sehari-hari.
4. Bersedekah,
Bersedekah adalah satu wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan cara berbagi kepada yang tidak mampu, seperti anak – anak yatim piatu, fakir miskin, orang orang tua / panti jompo yang tidak memiliki saudara, mereka semua membutuhkan uluran tangan atau bantuan dari kita. Bersedekah tidak harus berwujud materi, tapi bisa berwujud dalam bentuk lain, tenaga atau ilmu yang bisa bagi kepada anak anak orang yang tidak mampu menyekolah anak anaknya dengan cara memberikan pengajaran dan pelatihan gratis, memberikan buku bacaan yang kiranya sudah tidak digunakan lagi kepada mereka atau lain nya. Baik yang kaya ataupun yang miskin dianjurkan untuk senantiasa bersedeka, tolong menolong dengan begini hidup akan lebih tentram rukun damai. Karena Allah SWT akan senantiasa memudahkan atas apa yang kita inginkan bila kita sering bersedekah. Senyum bagi saya juga termasuk ibadah, dengan senyum orang akan senang dengan sikap yang kita tampilkan kepada orang lain.
5. Bersilaturahmi
Dengan silaturahmi hubungan kita sesama manusia akan lebih harmonis, tahu kabar dan keadaan saudara kita, membantu saudara yang ditimpa musibah dan berbagi mencari jalan keluar bilamana saudara kita ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, dengan silaturahmi merekatkan hubungan yang mungkin lama putus menjadi tersambung, dengan silaturahmi bisa mendatangkan rejeki, bisa bekerja sama bila kiranya kita memiliki visi dan misi dalam mencari atau bekerja bersama. Mari kita tingkat tali silaturahmi kita baik kepada saudara, tetangga ataupun orang yang menganggap kita musuh, berbuat baik secara terus menerus dengan dilandasi jiwa yang ikhlas Insya Allah, Allah SWT akan memberikan ketentraman, damaian dan bahagiaan dalam mengisi hidup ini.

Alhamdulillah jika semua urutan diatas dapat kita laksanakan terus menerus dan sembari ada perbaikan pada diri kita apa yang kita inginkan akan cepat terwujud bahagia dunia dan akhirat kita dapatkan, ibadah kita terlaksana dengan baik seperti ajaran dan perintah agama kita lakukan dalam kehidup sehari hari, bekerja dengan sebaik baik nya, tidak menyelewengkan atau mengambil yang bukan hak kita, senantiasa belajar, belajar dari setiap masalah yang kita hadapi sehari hari dan selalu menjadi bagian dari solusi. Kita bisa bersedekah sesuai kemampuan kita tidak perduli kita miskin atau kaya karena Allah SWT akan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan di dunia ini. Maha Suci Allah atas segala karunia yang diberikan kepada kita, mari kita senantiasa menjadi hamba yang bersyukur menjalan perintah-Nya dan Menjauhi segala Larangan-Nya.
Amien Amien Ya Robbal Alamien

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU