Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Jumat, 18 September 2009

Tips Agar bisa Percaya Diri

Tips Agar bisa Percaya Diri

Perasaan rendah diri sering menghampiri setiap insan manusia yang disebabkan oleh berbagai hal, kebanyakan perasaan rendah diri atau minder ini muncul karena kekurangan atau keadaan fisik yang tidak sebaik dengan orang lain, entah itu wajah yang tidak cantik atau tampan, cacat bawaan atau kondisi fisik. Perasaan rendah diri menyebabkan banyak orang takut untuk bertanya, takut untuk menyampaikan apa yang ingin diketahui, malu dalam bergaul dengan teman teman sebayanya, perasaan rendah diri terbentuk lebih karena kurangnya individu berkomunikasi dengan orang yang lebih tahu atau orang tua nya. Maka kita sebagai orang tua hendaknya bisa memberi bekal suri tauladan yang baik agar anak kita menjadi pribadi yang percaya diri.

Sebagai orang tua atau pun calon orang tua kita harus bisa membekali anak kita lebih cakap dalam berkomunikasi atau percaya diri, serta menjauhkan perasaan rendah diri karena kekurangan suatu hal yang ada ada pada anak kita. Orang yang memiliki perasaan rendah diri cenderung memiliki sifat yang pendiam dan takut melakukan suatu hal. Hal ini bisa menyebabkan tingkat kesuksesan nya lebih lamban bahkan jauh tertinggal dibanding dengan orang lain yang usia nya sama.

Tidak kenal maka tak sayang, pepatah ini patut dimiliki oleh orang tua terhadap anaknya, dengan demikian kita harus bisa memberi kasih sayang, menilai dan mengawasi sifat anak kita sejak dini agar terhindar dari sifat rendah diri, memberikan arahan dan nasihat serta berbagi pengalaman kita sebagai orang tua kepada anak kita hingga si anak dapat menelaah dan mengambil hikmah agar dapat dipergunakan dalam kehidupan nya kelak.

Pada waktu kecil saya dahulu perasaan rendah diri sempat saya alami, ya mungkin karena pada waktu itu merasa menyalahkan tuhan mengapa saya diciptakan seperti ini, tidak seperti saudara atau anak tetangga yang lain, semakin saya mengeluh karena keterbatasan yang saya miliki semakin saya menjadi pribadi yang cenderung pasif, seperlunya, asal aja melakukan suatu hal, dikarenakan keterbatasan fisik dan rasa malu,

Perasaan rendah diri membuat kita memiliki rasa malu, malu untuk berinteraksi, malu untuk menyampaikan pendapatnya kepada teman yang lain, rasa malu seperti ini lebih banyak merugikan diri kita sendiri, menghambat perkembangan kita menjadi lebih mengerti dan dewasa dalam menjalani hidup. Agar kita sukses dan maju sebisa mungkin bunuh dan hancurkan perasaan rendah diri dan malu yang tidak beralasan. Dengan demikian hidup kita lebih cerah dan bermanfaat bagi diri kita, orang lain bahkan lingkungan.

Memang sih, menghilangkan suatu hal yang bertahun tahun sudah mendarah daging pada diri kita amatlah susah, tapi kalau kita memiliki tekad untuk menjadi lebih baik, saya yakin anda bisa membunuh dan menghancurkan perasaan tersebut, belajar membunuh rasa malu tidak bisa secara instant dapat dilakukan, harus bertahap dan memerlukan pengorbanan untuk dapat melakukannya.

Dibawah ini adalah tips yang saya lakukan agar bisa percaya diri :
1. Senantiasa bersyukur atas apa yang Allah SWT berikan pada kita, baik itu fisik, kekayaan dan kemudahan dalam bekerja.
2. Memiliki perasaan optimis dan pola pikir yang positif.
3. Belajar memperhatikan orang lain dan diri sendiri serta amatilah diri mu sendiri dihadapan cermin, bicara apa adanya dan amatilah seperti apa dirimu, lakukan serileks mungkin dan membayangkan kalau kamu sedang berbicara dan mengemukakan pendapat mu dihadapan orang banyak.
4. Jangan sekali kali memberi penilaian yang buruk pada diri mu sendiri, karena apa yang kita lakukan anggap kita sedang belajar. Mendapat nilai baik atau buruk itu adalah bagian dari belajar, maka nikmatilah pembelajaran hidup kita ini. Agar kita dapat melangkah dan meraih yang terbaik.
5. Ambil hikmah disetiap apa yang kita alami.
6. Menghargai setiap perbuatan diri sendiri dan orang lain.

Mungkin sedikit banyak dalam tulisan saya ini ada hal yang kurang berkenan di hati anda para netter semua, saya menulis ini adalah bagian untuk pembelajaran saya agar saya bisa menjadi lebih baik, dan menuangkan apa yang ada dalam otak saya untuk saya bagi kepada anda. Sekian terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERBARU