Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 18 Agustus 2009

SAMBAL GODOG

SAMBAL GODOG

Bahan :
• 4 buah petai, kupas, belah 2
• 50 gram soun, rendam sampai mekar, potong 10 cm
• ½ butir kelapa buat menjadi 6 gelas santan encer + 1 gelas santan kental
• 5 lembar daun salam
• 1 tangkai serai, memarkan, simpulkan
• 3 cm lengkuas, memarkan
• 1 sdm atau menurut selera gula merah
• ½ sdm air asam
• 1 sendok teh (terasi kalau suka)

Bumbu yang dihaluskan :
• 6 buah cabe merah, buang bijinya, rebus
• 5 butir bawang merah
• 5 siung bawang putih
• 10 buah ebi, rendam 10 menit, tiriskan
• 3 sdm minyak goring

Cara membuat :
• Goreng petai sampai warnanya hijau bagus, angkat. Sisihkan.
• Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sisa minyak sampai harum
• Masukkan santan encer, daun salam, serai, lengkuas, gula, garam dan air asam. Masak sampai mendidih dan baunya harum. Aduk
• Tuangkan santan kental. Aduk terus sampai mendidih kembali. Koreksi rasanya
• Saat akan dimakan, didihkan kembali sambal godog dan masukkan petai dan soun. Hidangkan segera, supa sounnya tidak terlalu mekar dan menyerap kuah. Cocok dimakan dengan ketupat dan opor ayam merah suwir.
• Hidangan ini untuk 15 porsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERBARU