Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Senin, 13 Juli 2009

Apa itu Yoga



APA ITU YOGA?

Yoga atau menenangkan pikiran bias dilakukan dalam berbagai macam cara. Bias menggunakan gaya tradisional, seperti berdoa, merilekskan otot-otot tubuh dan lainnya. Juga bias dengan cara modern yang diselaraskan untuk kesehatan badan. Tapi hakikatnya sama yaitu terpusat pada konsentrasi. Dalam yoga semua konsentrasi dipusatkan kepada satu titik untuk merileksakan badan, dan menghirup nbapas dalam-dalam untuk merilekskan otot, guna mengosongkan pikiran negative yang terdapat dalam hati, seperti melupakan segala macam kesulitan, dan memulai langkai baru dengan pikiran jernih, sekaligus meningkatkan kesehatan jiwa atau menenangkan batin.

Manfaat Yoga
Kemampuan yoga yang tertinggi berasal dari pengetahuan dan kegembiraan. Dalam penelitian ilmiah sudah dibuktikan, bahwa saat seseorang masuk ke dalam suasana yoga, dapat merangsang otak untuk berpikir dan membuat penilaian, disamping juga menciptakan daya imajinasi dan daya kreatif yang luas, yang pada akhirnya membuat badan menjadi lebih tenang, gembira dan nyaman. Selain itu, ada beberapa psikolog membuktikan bahwa berpikir dengan tenang, bias meringankan tekanan dalam bekerja, dan memperbaiki suasana hati.

Gerakan Yoga
1. letakkan ibu jari tengah dalam posisi badan tegak dan rileks
2. posisikan telapak tangan di depan dada, kemudian perlahan-lahan tundukkan kepala, lalu pusatkan pikiran pada bagian hati.
3. setelah selesai, gosoklah kedua telapak tangan untuk mendapatkan hawa hangat, kemudian digunakan untuk menutup mata selama beberapa detik, sehingga menghasilkan energi positif.

Pakaian Yoga
Saat yoga, harus menggunakan pakaian yang nyaman, contohnya pakaian yang longgar juga bisa menyerap keringat. Sebisa mungkin lakukan yoga tanpa alas kaki, sehingga dapat terasa semakin rileks.

Tempat Yoga
Bagi para pemula bisa menyiapkan tempat khusus di rumah, misalnya di sudut kamar pribadi. Untuk menunjang hasil yoga yang sempurna ditambahkan penerangan yang lembut, dan suhu udara juga harus hangat. Atau bias juga disertai dengan memutar lagu-lagu lembut yang mampu meningkatkan suasana hening dan memudahkan pikiran berkonsentrasi.

Cara Memulai Yoga
Bagi para pemula, saat pertama belajar yoga memang sulit mencapai konsentrasi. Cara yang membantu ialah dengan terlebih dahulu melakukan pelenturan badan guna melemaskan otot-otot tubuh.
Untuk mendapatkan tingkat konsentrasi maksimal, pejamkan mata, kemudian kencangkan lalu rilekskan. Ulangi terus cara ini sebanyak 5 – 10 kali. Selanjutnya lakukan hal yang sama mulai dari bagian kepala hingga kaki di setiap bagian otot kulit, contohnya kulit kepala, kulit wajah, dagu dan juga setiap bagian otot kulit, contohnya kulit kepala, kulit wajah, dagu dan juga bahu semuanya dilakukan gerakan pelemasan atau biasa dinamakan perileks-an otot, proses ini bisa membuat otot yang sudah tegang untuk waktu yang lama itu bisa rileks dan segar. Dalam melakukan konsentrasi yang harus diperhatikan adalah pernafasan harus konstan. Dengan demikian semua perasaan negative dari dalam akan terkuras keluar, sehingga membuat beban jiwa terlepas sehingga semuanya terasa ringan bagai burung terbang. Saat itulah hati akan bisa berbicara dan tubuh menerima informasi tersebut, sehingga terjadi peningkatan rasa percaya diri dan meningkatkan semangat hidup seseorang.
Yang harus diingat sekarang, bahwa yoga tidak hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu, tetapi dapat dilakukan kapan pun dan dimanapun seseorang berada sesuai dengan kondisi yang tepat. Sekedar untuk diketahui bahwa 5 menit yoga khasiatnya lebih baik dari 1 jam melakukan olahraga jalan santai. Semua ini harus dilalui sesuai dengan tahapan lathihan sehingga dapat dicapai hasil yoga yang sempurna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU