Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 21 Februari 2009

Penurunan Bendera Belanda dari Puncak Hotel Yamato

Penurunan Bendera Belanda dari Puncak Hotel Yamato (19 September 1945)

Pada tanggal 3 september 1945 pemerintah RI di Surabaya terbentuk. Pemerintah segera mengumumkan larangan untuk mengibarkan bendera di seluruh kota, kecuali bendera merah putih.

Ada sejumlah orang Belanda indo yang berhasil melarikan diri dari penjara menentang larangan ini. Kesombongan mereka muncul, ketika tersebar pamflet udara yang mengabarkan akan datangnya pasukan sekutu, yang ternyata kemudian bermaskas di Hotel “Yamato” (sekarang : hotel LMS). Waktu itulah Belanda-belanda itu mengibarkan bendera “Merah Putih Biru” yang merupakan bendera Belanda.

Tindakan provokatif (bersifat memancing) itu menimbulkan amarah pada pemuda surabaya. Mereka ramai-ramai memprotesnya. Akan tetapi, karena tidak digubris, terjadilah insiden perkelahian. Beberapa orang pemuda naik ke puncak hotel. Diturunkan bendera belanda itu, dirobeknya bagian yang birunya, lalu dinaikkan kembali menjadi bendera merah putih. Itulah insiden pertama arek-arek suroboyo menghadapi sekutu / Belanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERBARU