Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 10 Februari 2009

Manfaat dan Daur Ulang Limbah Tahu

Pencemaran lingkungan saat ini sering sekali kita jumpai tidak hanya pencemaran lewata udara akibat banyaknya kendaraan bermotor, tapi juga pencemaran tanah yang mengakibatkan kesuburan tanah berkurang, dan tak jarang pula lewat air yang dapat mengakibatkan pencemaran air yang berakibat fatal bagi makhluk hidup terutama pada manusia, untuk menanggulangi hal tersebut hendaknya kita berpikir secara keras mencari jalan keluarnya, dan kita sebagai generasi muda berupa mencari solusinya dengan mengurangi polusi di dunia ini terutama polusi di dalam air karena air adalah sumber dari segala kehidupan dengan “Mendaur ulang limbah dari tahu”.

Pengelolaan limbah tahu sangat penting sekali, selain mengurangi polusi di air juga pengolahan limbah dari tahu sangat menguntungkan bagi para pengusaha tahu, kedela yang sudah digiling dan berubah menjadi butiran-butiran halis dan lembut seperti adonan kue akan diperas diambil sari-sarinya saja untuk dijadikan tahu, dan limbah padat berupa adonan yang sudah di ambil sarinya itu bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan ternak dan juga dapat dijadikan makanan juga bagi kita dengan cara limbah padat tersebut dijemur di sinar matahari yang tidak terlalu panas, kemudian di masukkan atau dibungkus dengan plastik dan diberi campuran ragi tempe supaya tumbuh jamur. Dan setelah selesai manakan tersebut tinggal digoreng dan dapat dikonsumsi manusia dengan keuntungan yang rendah lemak. Sedangkan limbah tahu cair hasil sisa perasan tadi dapat digunakan sebagai minuman dengan cara air limbah tersebut dicampur dengan air kelapa kemudian diberi bakteri pengikat yaitu cocobakteriae, agar air limbah dan air kelapa itu dapat menggumpal dan membentuk “Nata” dengan adanya pengolahan limbah dari tahu itu sangat berguna bagi para ibu rumah tangga karena dapat menghemat uang belanja, khusus untuk Nata, sebelum membentuk menjadi Nata letakkan di tempat yang sejuk dan jangan sampai terkena benturan sehingga wadah yang digunakan bergerak karena dapat menganggu proses penggumpalan nata.

Dengan adanya daur ulang limbah tahu sangat membantu manusia untuk kelangsungan hidup mereka dan juga bagi makhluk hidup lainnya sangat menguntungkan juga. Diantaranya :

1. Bagi para petani kesuburan tanahnya tidak berkurang

2. Bagi para ibu rumah tangga dapat menghemat pengeluaran

3. Bagi para makhluk hidup dapat menekan angka kematian yang ditimbulkan oleh pencemaran air.

Untuk itu kami berpesan pada generasi penerus bangsa dapat mengelola dan mengoptimalkan sumber daya alam (SDA) dan juga sumber daya Manusianya (SDM) sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU