Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Kamis, 11 Desember 2008

Langkah-langkah Menghadapi Dampak Krisis Global

Langkah-langkah Menghadapi Dampak Krisis Global

Saat ini krisis perekonomian global adalah masalah serius yang harus dihadapi oleh Negara berkembang seperti Indonesia sebagai akibat dari krisis financial yang terjadi di Amerika Serikat. Sebagai Negara berkembang, Indonesia secara langsung ataupun tidak langsung akan terkena dampak dari krisis financial yang terjadi di Amerika Serikat, hal tersebut dikarenakan banyaknya pemodal – pemodal asing yang menopang perekonomian Indonesia menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat dalam berinvestasi di bidang keuangan atau bursa saham.

Jika dikaitkan dengan dunia usaha maka krisis perekonomian global akan dapat berdampak begitu hebat jika perusahaan – perusahaan tersebut dalam membiayai operasional perusahaan dengan melibatkan modal asing melalui bursa saham atau perusahaan tersebut bergantung pada kredit berupa pinjaman dari bank. Dengan demikian hal tersebut akan dapat mendorong semakin meningkatnya jumlah angka pengangguran di masyarakat karena banyaknya perusahaan yang gulung tikar.

PT. Matahari Putra Prima sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang retail tentunya juga akan memperoleh dampak secara tidak langsung dengan terjadinya krisis perekonomian global. Dengan demikian ini merupakan tantangan tersendiri bagi pihak manajemen PT. Matahari Putra Prima dimana mereka diharapkan agar dapat membawa perusahaan untuk tetap eksis ditengah resesi global yang melanda perekonomian Indonesia. Manajemen dituntut untuk lebih berhati – hati dalam menjalankan operasional perusahaan terutama dalam efisiensi penggunaan asset bisnis, investasi asset untuk project bisnis yang berkembang, pengembangan asset, memperkuat kontrol internal serta pengembangan / ekspansi.

Memang sekarang ini adalah momentum yang sangat baik untuk meningkatkan angka penjualan sehingga pengembangan hypermarket akan dilakukan secara selektif dan terarah.

Didalam upaya meningkatkan angka penjualan serta perbaikan pelayanan bagi pelanggan, Matahari Food Bisnis sebagai anak cabang dari PT. Matahari Putra Prima yang memiliki tatanan perekonomian yang kuat dikarenakan PT. Matahari Putra Prima sendiri Hypermart khususnya dalam hal pembayaran terhadap supliyer atu rekan bisnis meraeka sampai saat ini masih mengunakan system pembayaran tunai tanpa pinjaman dari pihak perbankkan jadi dari manajemen Mataahari Food Bisnis sangat dipersiapkan dalam situasi inflasi ekonomi dikarenakan krisis global yang terjadi. Matahari Food Bisnis hypermart khususnya menyikapi hal ini dengan mempersiapkan berbagai macam strategi yang mengacu pada pengorganisasian aspek produktif berdasarkan ketentuan yang berlaku. Sikap yang harus kita berikan untuk menyikapi dalam hal penurunan daya beli masyarakat ini diantaranya menanamkan rasa percaya diri dan yakin terhadap diri kita pribadi untuk perkembangan dan kemajuan toko kita ini sekalipun dalam kondisi yang seperti saat ini. Kita harus yakin bahwa kita mampu untuk dapat mengatasinya.

Sikap yakin yang tertanam dalam diri kita akan memberikan semangat untuk kita dalam mencari solusi dan pemikiran baru untuk menyikapi masalah – masalah yang ada diantaranya :

Ø Selalu memberikan promosi – promosi

Dengan selalu diadakanya promosi dan potongan harga akan menarik daya beli customer, tentunya tidak lepas dari frekuensi pemberian informasi kepada customer agar mereka dengan mudah mengetahui item – item promo yang sedang berlangsung serta memafaatkan fasilitas yang ada seperti MCC Kios. Dengan demikian secara tidak langsung kita dapat membius customer dalam meningkatkan jumlah barang belanjaan mereka karena customer akan berfikiran bahwa di Hypermart selalu menyediakan item barang denagn penawaran rendahh.

Ø Harga yang bersaing

Harga yang bersaing juga salah satu hal yang perlu di perhatikan karena customer selalu membandingkan harga antara toko satu dengan yang lain, oleh karena itu pemonitoran harga dengan item yang sama ditoko lain sangat di perlukan (comchek) untuk tetap menjaga persaingan harga antara toko kita dengan toko lain

Ø Kelengkapan item

Kelengkapan item adalah satu hal yang sangat didambakan oleh customer dalam berbelanja karena dengan lengkapan item yang kita sediakan customer akan merasakan terpenuhi dalam mencari kebutuhanya dan display yang tertata dengan rapi akan mempernudah customer dalam pencarian item barang belanjaan mereka.

Ø Kwalitas produk

Setelah kita dapat melakuan beberapa hal di atas tidak lupa kwalitas prodak yang kita jual harus kita jaga sehingga berkurangya complin dari customer dan customer akan merasa puas dengan item barang yang kita jual.

Ø Pelayanan yang memuaskan dan memberikan rasa aman .

Pelayanan yang memuaskan dan memberikan aman kepada pelanggan adalah satu hal terpenting, karena bahwasanya kita harus ingat bahwa kita bergerak di bidang retail diamana kita menjual produk jasa kepada pelanggan , oleh karena itu memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan selalu melakukan tatap, senyum, tegur dan sapa kepada pelanggan akan menambah rasa nyaman dalam langakah belanja pelanggan dan dapat memberikan informasi – informasi yang diinginkan pelangan aka menambah kelengkapan mereka dalam berbelanja . serta keamanan di area toko juga sangat diperlukan karena salah satu alasan pelanggan memilih berbelanja di area pertokoan karena mereka merasa lebih aman.

Ø Serta pengembangan customer (market share)

Lankah selanjutnya yang dapat kiat alakukan adalah pengembangan customer, pengembangan customer ini dapat kita lakukan dengan terus memberiakan informasi kepada masyarakat Surabaya dan sekitarnya agar lebih mengenal Citi of tomorrow Hypermart khususnya. Dalam langkah ini Hypermart harus mempunyai target, dalam pengembangan harus dapat mencapai sekitar 25% dari penduduk Surabaya untuk dapat bergabung di area toko kita.Misal kita bisa melihat presentase dari data statistik penduduk kota Surabaya sebanyak 2.824.021 dan angka 25% dari Adalah sekian 70.000 jadi dalam pengembangan Customer kita harus mencapai angka yang telah ditentukan . Dengan demikian kita akan mendapatkan keuntungan lebih, karena seperempat dari penduduk kota Surabaya yang bertempat tinggal di sekitar area cito khususnya akan lebih memilih berbelanja di toko kita.

Dengan adanya rasa yakin dari awal yang kita tanamkan pada diri kita dan melakukan langkah – langakah yang kita terapkan saya yakin akan dapat mengatasi masalah yang ada. Untuk lebih meyakinkan dari materi yang saya buat saya juga menyertakan nilai – nilai historikal dari pencapaian sales, budget, jumlah customer dan jumlah barang belanjaan customer tiap harinya mulai dari sebelum dampak krisis terjadi hingga dampak krisis terjadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU