Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 10 Desember 2008

Cara Membuat Rokok

Cara Membuat Rokok

Proses pembuatan rokok di jelaskan di bawah mulai dari tahap pembuatan pertama sampai tahap pembuatan terakhir yakni :

1. Dalam pengolahan tembakau tahap terakhirnya adalah : tahap fermentasi, setalah tahap fermentasi para pekerja pengecam menaruh tembakau yang sudah di fermentasi di tong, pada setiap tempat pekerja pembuat rokok, penaruhan tembakau dilaksanakan saat pukul 05.00 WIB, saat pekerja belum berangkat ke pabrik, karena pabrik dibuka pukul 06.30 WIB.

2. Pukul 06.30 WIB, tukang giling dan tukang gunting sudah siap di tempat meja kerjanya, tukang gunting mengambil ambri pada mandor sesuai yang akan dikerjakan, paling rendah yakni 1000 – 5000 ambi. Jadi pengambilan ambri di sesuaikan pada kemampuan / kekuatan penggiling dan penggunting rokok.

3. setelah pengambilan ambri, tukang gunting mengambil lem, dan gilingan linting di gudang perlengkapan.

4. Lalu gilingan linting ditaruh diatas meja penggiling. Dan tukang giling mulai proses linting, langkah pertama ambil tembakau dari tong dengan takaan 1,5 gram lalu ditaruh pada lubang gilingan linting yang berbentuk seperti rokok dengan diamter 1 cm dan panjang 9 cm, setelah itu untuk memasokkan (memenuhkan) tembakau pada lubang gilingan agar rata dan penuh maka caranya adalah empat jari tangan pada tangan kanan, kecuali ibu jari, menekan ke bawah pada tembakau yang di lubang gilingan. Setelah itu apabila di lubang gilingan sudah penuh maka kayu penarik pada gilingan linting, ditarik pelan-pelan. Jarak dari penarik dengan lidah penggiling kurang lebih satu jangkal tangan orang dewasa, lalu di diamkan sebentar.

5. Tukang giling selanjutnya mengambil ambri seratus lembar, dan diberi lem pada panjang ambri dengan ukuran peberian lem yakni : 0,5 cm, lalu di taruh di atas lidah penggiling (linting) dengan posisi tidur.

6. Selanjutnya tangan kanan menarik dan tangan kiri yang ibu jari memegang kertas ambri di lidah penggilingan dan tangan kanan menarik pelan-pelan hingga menindas kertas ambri sampai ujung kertas ambri, biarkan rokok jatuh dengan sendirinya, proses ini berlaku pada rokok selanjutnya hingga selesai.

7. Lalu para tukang gunting mulai merapikan tembakau yang ebrada di luar ambri agar terlihat rapi.

8. Dan proses pembuatan rokokpun selesai.

4 komentar:

  1. sederhana banget caranya...
    ada versi lbh lengkapnya ga?
    bahan bakunya apa aja gitu?
    ama fungsi dri masing2 bahan..

    BalasHapus
  2. brkn petunjuk
    yg lebih detail agar kami dpt memahamix dngn
    baik

    BalasHapus
  3. Gatot Satrio8 April 2012 20.06

    Mas,minta tolong dong,punya akses ke salah satu pabrik rokok tradisional atau modern, tidak?Saya berencana membuat tesis dg judul CTS (Carpal Tunnel Syndrome) atau Sindroma terowongan karpal pada pekerja pelinting rokok.Terima kasih banyak

    BalasHapus
  4. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus

POSTING TERBARU