Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Minggu, 23 November 2008

Resensi Novel

RESENSI KARYA NOVEL

“AYAT-AYAT CINTA”

Resensi :

1. Judul Novel : Ayat-ayat Cinta

2. Pengarang : Habiburahman El-Shirazy

3. Penerbit : a. Republika è Anggota IKAPI DKI Jakarta

b. Pesantren Basmala Indonesia

4. Tebal Buku : 420

5. Catatan ke : XI (Revisi) Februari 2006

Kelebihan :

Novel ayat-ayat cinta ini sangatlah bagus dan lengkap kandungannya. Karena setelah saya membaca novel ini dan menghayatinya secara mendalam ternyata novel ayat-ayat cinta ini bukan hanya novel sastra dan novel cinta melainkan juga termasuk dan mencakup novel politik, novel budaya, novel religi, novel fikih, novel etika, novel bahasa dan novel dakwah. Jadi menurut saya novel ini sangat cocok untuk dibaca oleh siapa saja khususnya untuk remaja, karena novel ini selain memahami tentang cinta, tetapi juga dengan kehidupan sehari – hari. Nuansa islam dalam nivel ini sangat terlihat dan terasa, hikmah yang dapat dipetik sebenarnya sangatlah banyak tetapi yang terpenting adalah mengenai baaimana cara berinteraksi dengan sesame manusia baik muslim maupun non muslim, muhrim dan non muhrim. Semuanya sudah tersusun dalam bahasa yang indah dan halus meskipun dalamnya banyak kata-kata dan susunan kalimat yang menggunakan bahasa arab, tetapi kita bisa melihat catatan kaki yang ada di halaman paling bawah. Saya sungguh tidak menyesal telah membaca novel ini, bahkan saya saat ini sangat ingin mencontoh dan meniru semua perbuatan baik sang tokoh utama yaitu Fahri.

Kekurangan :

Untuk mengutarakan kekurangan-kekurangan dalam novel ini saya tidak mau berbicara banyak karena saya sangat terpukau setelah membacanya. Menurut saya kekurangan dari novel ini hanyalah tentang catatan kakinya yang merepotkan kita dan membuat kita kadang-kadang lupa dimanakah kita sampai membacanya. Kemudian ada 1 lagi yaitu tentang dialognya yang kurang memberikan penjelasan tentang siapa-siapa yang sedang berbicara.

Unsur Intrinsik :

1. Tema :

2. Alur : Campur

3. Latar : Mesir

4. Penokohan dan Perwatakan :

a. Fahri : Jujur, bijaksana, Tawakal, sabar, cerdas dan Sopan

b. Maria : Baik, sopan, tidak sombong, Pengertian dan

Penolong

c. Aisha : Sabar, Tawakal, Sopan, pengertian, rendah hati

d. Noura : Pengecut, Jujur, tidak tahu malu

e. Rudi : Tahu diri, sopan, jujur, pengertian

f. Saiful : Penolong, baik hati, tukang rezek / suka menggoda

g. Tuan Bautros : Baik, ramah, tahu diri, suka nendang

h. Mademe Nahed : Pengertian, suka menolong, baik, sopan

i. Nurul : Sabar, jujur, rendah hati, suka menolong, ramah

j. Bahadur : Jahat, keji, penyiksa, pemarah dan pemfitnah

k. Syaikh Ustman : Baik, sopan, pengertian suka menolong, bijaksana

l. Eqbal Hakan : Jujur, tidak sombong, bijaksana dan sopan

m. Yousef : Suka menolong, baik, jujur, dan tidak sombong

n. Magdi : Pemberani, bijaksana, baik, jujur, dan suka

menolong.

o. Prof. Abdul Rouf : Cerdas, bijaksana, pemberani dan jujur.

5. Sudut Pandang : Orang ke-1

Unsur Ektrinsik :

a. Biografi Tokoh

Habiburahman El – Shirazy

Lahir di semarang, pada hari kamis, 30 september 1976. memenuhi pendidikan menengahnya di MTs Futuhiyya 1 Mranggen sambil belajar kitab kuning di Pondok Pesantren Al – Anwar, Mranggen Demak, dibawah asuhan KH. Abdul Bashir Hamzah. Pada tahun 1992 ia merantai kekota budaya Surakarta untuk belajar di Madrasah Akyah Program Khusus (MAPK) Surakarta, lulus pada tahun 1995. setelah itu melanjutkan pengembaraan intelektual ke Fakultas Ushuluddin, Jurusan Hadits, Universitas Al – Ashar, Cairo dan selesai pada tahun 1999, telah merampungkan postgraduante Diploma (PG.D) S2 di the Institute for Islamic Studies in Cairo yang didirikan oleh Imam Al-Bhaiqori (2001). Profil diri dan karyanya pernah menghiasi beberapa Koran dan majalah, baik local maupun nasional, seperti Solo Pos, Republika, Annida, Saksi, sabili, dan Muslimah.

b. Sosial Ekonomi

Ketika menempuh studi di Cairo, Mesir, Kang Abik pernah memimpin kelompok kajian MISYKATI (Majelis Intensif Studi Yurisprudens dan Kajian Pengetahuan Islam) di Cairo (1996-1997). Pernah terpilih menjadi duta Indonesia untuk mengikuti “Perkemahan Pemuda Islam Internasional Kedua” yang diadakan oleh WAMY (The World Assembly Moslem Youth) selama sepuluh hari di kota Ismailia, Mesir (Juli 1996). Dalam perkemahan itu, ia berkesempatan memberikan orasi berjudul “Tahqiqul Amni Was Salam Fil “Alam Bil Islam” (Realisasi Keamanan dan Perdamaian di Dunia dengan Islam). Orasi tersebut terpilih sebagai orasi terbaik kedua dari semua orasi yang disampaikan peserta perkemahan berskala internasional tersebut. Pernah aktif di Majelis Sinergi Kalam (Masika) ICMI Orsat Cairo (1998 –2000). Dan pernah menjadi coordinator sastra Islam ICMI Orsat Cairo selama dua periode (1998-2000 dan 2000 – 2002). Sastrawan muda ini juga pernah dipercaya untuk duduk dalam Dewan Asaatidz Pesantren Virtual Nahdhatul Ulama yang berpusat di Cairo. Dan sempat memprakarsai berdirinya Forum Lingkar Pena (FLP) dan Komunitas Sastra Indonesia (KSI) di Cairo.

c. Pendidikan

Kang Abik-demikian novelis muda ini biasa dipanggil adik-adiknya-semasa di SLTA pernah menulis naskah treatikal puisi berjudul “Dzikiir Dajjal” sekaligus menyutradarai pementesannya bersama Teater Mbambung di Gedung Seni Wayang Orang Sriwedari Surakarta (1994). Pernah meraih Juara III lomba menulis artikel se-MAN I Surakarta (1994). Pernah menjadi pemenang I dalam lomba baca puisi religius tingkat SLTA Se-Jateng (diadakan oleh panitia Book Fair ’94 dan ICMI orwil Jateng di Semarang 1994). Pemenang I lomba pidato tingkat remaja se-eks Karesidenan Surakarta (diadakan oleh Jamaah Masjid Nurul Huda, UNS Surakata, 1994), Kang Abik juga pemenang I lomba pidato bahasa Arab sej-Jateng dan DIY yang diadakan oleh UMS Surakarta (1994). Ia juga peraih I lomba baca puisi Arab tingkat Nasional yang diadakan IMBA UGM Jogjakarta (1994). Pernah mengudara di radio JPI Surakarta selama satu tahun (1994 – 1995) mengisi acara syarbil Quran setiap jumat pagi. Pernah menjadi pemenang terbaik ke-5 dalam lomba KIR tingkat SLTA Se-Jateng yang diadakan oleh Kanwil P dan K Jateng (1995) dengan judul tulisan, Analisis Dampak Film Laga Terhadap Kepribadian Remaja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU