Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Kamis, 30 Oktober 2008

CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP

CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP

A. Bergerak

Gerak merupakan perindahan bagian tubuh. Gerak merupakan suatu tanggapan terhadap rangsangan tertentu (intabilitas). Bergerak adalah merupakan perubahan proses, baik seluruh tubuh atau sebagian. Hal ini disebabkan oleh adanya tanggapan terhadap rangsang. Hewan dan manusia dapat bergerak bebas, sedangkan tumbuhan bergerak terbatas atau bergerak sebagian tubuhnya. Putri malu jika disentuh, gerak ujung batang dari bawa keatas kearah sinar matahari, dan gerak membukanya biji lamtoro disebabkan perubahan kadar air. Pada hewan juga terdapat gerak, antara lain gerak aktif pada hewan vertebrata yaitu alat gerak berupa otot, gerak pasif pada hewan vertebrata yaitu gerak berupa tulang, dan gerak pada manusia yaitu berjalan, berlari dan lain-lain.

B. Peka Terhadap Rangsang (Iritablitias)

Tumbuhan, hewan dan manusia mempunyai kepekaan terhadap rangsang. Hal ini dapat ditunjukkan sebagai berikut :

a. Pada tumbuhan, daun putri malu bila diberi rangsang sentuhan akan menanggapi rangsang dengan menutup daunnya.

b. Pada hewan, ayam ketika fajar menyingsing akan berkokok

c. Manusia jika diberi bau yang merangsang akan menanggapi rangsang akan terangsang, misalnya bersin.

C. Memerlukan Makan (Nutrisi)

Semua mahluk hidup memerlukan makanan yang digunakan untuk :

1. Menghasilkan energi yang berguna untuk aktifitas hidupnya.

2. Mengganti sel-sel yang rusak dan pertumbuhan serta

3. Mengatur proses-proses dalam tubuh

Setiap makhluk hidup mempunyai cara yang berbeda-beda dalam memperoleh makanan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri, dengan cara tumbuhan memanfaatkan zat hidup daun (klorofil) sehingga dapat menyusun zat gula dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan cahaya matahari. Peristiwa tersebut disebut fotosintesis

D. Bernafas (Respirasi)

Bernafas yaitu pengambilan oksigen untuk oksidasi makanan, sehingga memperoleh energi dan mengeluarkan karbondioksida sebagai zat sisa.

Hewan vertebrata didarat bernafas dengan paru-paru, ikan bernafas dengan insang, cacing bernafas dengan kulit. Tumbuhan pada daun bernafas melalui stomata, pada batang melalui lentisel dan diakar melalui bulu-bulu akar, manusia bernafas dengan paru-paru.

E. Tumbuh dan Berkembang

Makhluk hidup memperlihatkan pertumbuhan dan perkembangan, pertumbuhan adalah perubahan dari kecil menjadi besar karena bertambahnya jumlah sel dan volume sel. Proses tersebut tidak dapat dibalik (irreversible).

Berkembang adalah proses menuju kedewasaan yang dipengaruhi oleh hormon, nutrisi dan lingkungan. Contoh pertumbuhan adalah berudu (kecebong) yang tumbuh menjadi katak dewasa dan biji yang berkecambah tumbuh menjadi tumbuhan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERBARU