Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Selasa, 26 Agustus 2008

Sikap Dan Langkah Para Guru Dalam Menghadapi Paradigma Baru Pendidikan

Sikap Dan Langkah Para Guru Dalam Menghadapi Paradigma Baru Pendidikan

Dalam menyikapi pendidikan tidak hanya semata-mata dengan proses transfer pengetahuan. Apa yang terpenting dalam proses pendidikan adalah bagaimana kemampuan berfikir dilatih dengan memeberikan rangsangan. Rangsangan diberikan melalui metode ilmiah seperti kemampuan menganalisis atau memilih secara rasional diantara beberapa alternatif.

Tugas pendidikan adalah mengadakan penelitian atau pengamatan atas kemampuan manusia serta mengujinya dalam pekerjaan-pekerjaan praktis, dengan kata lain manusia mengaktualisasikan ide-idenya dalam dunia yang nyata, dalam pikiran dan perbuatan.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu diperlukannya sistem pendidikan yang terbuka dan menyeluruh, maksudnya pelajaran dan praktek harus selalu berdampingan. Selanjutnya aktor pendidik tidak hanya berfungsi sebagai fasilitator bagi tumbuhnya perkembangan kesadaran peserta didik namun sekaligus menjadi seorang rekan yang melibatkan dirinya sambil merangsang daya pemikiran kritis peserta didik.

1 komentar:

  1. Muantap...! jalin informasi pendidikan, demi kemajuan pendidikan Indonesia di masa depan

    BalasHapus

POSTING TERBARU