Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 27 Agustus 2008

Perubahan Dan Pergantian Format Dunia Pendidikan

Perubahan Dan Pergantian Format Dunia Pendidikan

Format dalam pendidikan seringkali mengalami perubahan dari waktu ke waktu, dengan perubahan jaman yang begitu cepat. Karena bagi manusia pendidikan berperan sebagai sesuatu yang membantu manusia mengembangkan potensinya semaksimal mungkin agar dapat hidup selaras dengan lingkungannya, dimana kini maupun dimasa yang akan datang keadaan dan tuntutan lingkungan manusia dari jaman ke jaman selalu berubah, selalu berkembang. Oleh karena aitu pendidikan harus selalu baru, aktual, dan para ahli dan petugas pendidikan juga harus mau danmampu membuat pendidikan selalu baru.

Hal-hal yang menuntut adanya perubahan pendidikan tersebut menurut Oteng akibat adanya dua perkembangan yang penting yaitu :

  1. Kesadaran bahwa lebih besar jumlah penduduk yang bersekolah dan penduduk baik lebih besar lagi kemungkinan-kemungkinan kurangnya industri, teknologi dan ilmu pengetahuan.
  2. Memerlukannya pikiran bahwa pendidikan dapat dipakai sebagai sarana untuk membengun dengan negara-negara yang merdeka setelah menjadi negara jajahan.

Sedangkan Santoso S. Hamidjojo mengemukakan hal-hal yang memaksa adanya perubahan pendidikan adalah :

  1. Berdasarkan eksplorasi penduduk
  2. Melonjaknya aspirasi dikalangan rakyat luas, menambah makin berat dan mendesaknya tekanan keperluan penduduk yang lebih banyak dan lebih baik.
  3. Kurangnya sumber
  4. Klemahan sistem
  5. Belum mekarnya alat organisasi yang efektif.

Dengan adanya masalah-masalah tersebut membuat kita untuk meninggalkan konsep-konsep dan cara tradisional dan harus berani mengembangkan pendekatan-pendekatan alternatif yang inovatif dengan jalan menjelajahi, mencobakan, dan menerapkan orientasi struktur baru dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU