Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Minggu, 31 Agustus 2008

Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas

Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas

Prinsip-prinsip pengelolaan kelas dapat dipergunakan, maka adalah penting bagi guru untuk mengetahui dan menguasai prinsip-prinsip pengelolaan kelas yang akan duiraikan berikut ini:

a. Hangat dan antusias

Sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, guru yang hangat dan akrab dengan anak didik selalu menunjukkan antusias pada tugasnya atau pada aktivitasnya akan berhasil dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas.

b. Tantangan

Peggunaan kata-kat, tindakan, cara kerja atau bahan-bahan yang menentang akan meningkatkan gairah anak didik untuk belajar sehingga mengurangi kemungkinan munculnya tingkah laku yang menyimpang.

c. Bervariasi

Menggunakan alat atau media, gaya mengajar guru, pola interaksi antara guru dan anak didik mengurangi munculnya gangguan dan dapat meningkatkan perhatian anak didik.

d. Keluwesan

Tingkah laku guru untuk mengubah strategi belajarnya dapat mencegah kemungkinan terjadinya gangguan anak didik serta menciptakan iklim belajar mengajar yang efektif.

e. Penekanan pada hal-hal yang positfi

Pada dasarnya, dalam mengajar dan mendidik anak, guru harus menekankan pada hal-hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian anak didik pada hal-hal yang negatif.

f. Penanaman disiplin dini

Tujuan akhir dari pengelolaan kelas adalah anak didik dapat mengembangkan disiplin diri sendiri, karena itu guru selalu mendorong anak didik untuk melaksanakan disiplin diri sendiri, hendaknya menjadi teladan mengenai pengendalian diri dan pelaksanaan tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU