Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Jumat, 01 Agustus 2008

Pertumbuhan Ekonomi Suatu Bangsa

Pertumbuhan Ekonomi Suatu Bangsa

1) Karl Bucher

Menurut Karl Bucher pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dapat dibedakan menjadi empat tingkatan.

a) Masa rumah tangga tertutup

Pada masa ini kehidupan masih sangat sederhana. Masyarakat berproduksi untuk kepentingan dirinya sendiri. Masyarakat hidup secara individual.

b) Rumah tangga kota

Pada tingkatan rumah tangga kota masyarakat sudah mengenal pertukaran sehingga mereka berproduksi bukan untuk kepentingan sendiri saja. Sudah terdapat pembagian pekerjaan pada masyarakat seperti pertukaran dan kerajinan.

c) Rumah tangga bangsa

Produksi yang dihasilkan masyarakat sudah dipergunakan dalam pertukaran secara nasional. Lalu lintas perdagangan semakin maju dan hubungan antara produsen dengan konsumen berjalan secara langsung.

d) Rumah tangga dunia

Pada masa ini pertukaran telah terjadi. Dengan adanya pertukaran internasional, memungkinkan terjadinya spesialisasi produksi. Negara hanya akan memproduksi barang yang sesuai dengan kondisi negaranya saja dan kebutuhan terhadap barang lain dapat dipenuhi dengan perdagangan antarnegara. Pada masa ini pulalah timbul hubungan antar Negara dan perdagangan internasional.

2) Bruno Hildebrand (1812 – 1878)

Bruno Hildebrand membagi pertumbuhan ekonomi menjadi tiga tahap.

a) Pertukaran Natura

Pada masa ini kehidupan masyarakat masih sederhana dan belum mengenal mata uang. Untuk memenuhi kebutuhan, mereka mengadakan pertukaran yang dilakukan secara natura atau barang dengan barang (barter). pertukaran ini tentu saja banyak mengalami kesulitan atau hambatan antara lain :

(1) Sukar mencari orang yang memiliki barang yang diinginkan dan juga menginginkan barang yang dimiliki orang lain,

(2) Dasar penentuan nilai tukar sangat subyektif, dan

(3) Wilayah atau daerahnya sangat terbatas.

b) Pertukaran Uang

Pada masa ini kehidupan masyarakat sudah mulai berkembang dan untuk pertukaran telah dikenal adanya mata uang sehingga pertukaran lebih lancer dan lebih luas. Pertukaran tidak hanya terbatas pada satu Negara saja. Akan tetapi telah meluas dan mencakup antar Negara yang disebut perdagangan internasional.

c) Pertukaran Kredit

Masa pertukaran ini lebih maju karena dengan adanya pertukaran secara kredit dapat mempercepat dan memperlancar arus barang. Tentu saja system pertukaran ini banyak mengandung resiko khususnya bagi produsen, yaitu resiko tidak terbayarnya kredit.

Teori Klasik dan Neoklasik

1) Teori Klasik

a) Adam Smith

Teori Adam Smith beranggapan bahwa pertumbuhan ekonomi sebenarnya bertumpu pada adanya pertumbuhan penduduk. Dengan adanya pertambahan penduduk maka akan terdapat pertambahan output atau hasil. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dengan adanya pertambahan hasil. Kaitan antara pertumbuhan ekonomi dengan pertambahan hasil dilihat dari tiga factor, yaitu :

(1) Adanya persediaan sumber daya alam

(2) Adanya jumlah penduduk, dan

(3) Persediaan barang modal

Teori Adam Smith dapat dilihat dari bukunya yang berjudul An inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.

b) David Ricardo

David Ricardo mengemukakan bahwa alam semesta sangat terbatas dan pertumbuhan penduduk semakin pesat. Pada akhirnya tingkat perkembangan perekonomian statis atau bahkan rendah sehingga hanya mampu untuk keperluan hidup saja. David Ricado juga membedakan adanya kualitas kerja yang diakibatkan adanya tingkatan tenaga kerja. Teori klasik ini lebih menekankan pada teori harga, yaitu bahwa harga terbentuk karena adanya pertemuan antara penawaran dan permintaan. Pendapat David Ricardo ini dituangkan dalam bukunya yang berjudul The Principles of Political and Taxation.

2) Teori Neo Klasik

Teori neoklasik dikemukakan oleh dua tokoh, yaitu Robert Solow dan Harrord Domar.

a) Robert Solow

Robert Solow berpendapat pertumbuhan ekonomi merupakan rangkaian kegiatan yang bersumber pada manusia, akumulasi modal, pemakaian teknologi modern, dan hasil atau output. Pertumbuhan penduduk dapat berdampak positif dan dapat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU