Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 16 Agustus 2008

Masa Perinatal

PERINATAL

Masa perinatal yakni masa antara 28 minggu dalam kandungan sampai 7 7 hari setelah kelahiran yang merupakan masa dalam proses tumbuh kembang anak khususnya kembang otak.

Mempelajari fisiologi dan patologi neo ratus tidak akan sempurna kalau tidak mengetahui keadaan yang terjadi pada kehamilan dan kelahiran. Perkembangan otak yang paling pesat ialah pada terimeter terakhir kehamilan sampai dengan 6 bulan pasca persalinan, keadaan bayi sangat tergantung pada pertumbuhan janin didalam uterus.

Pengaruh pada kehamilan dan pengaruh partus mempunyai peranan penting dalam morbiditas dan mortalitasnya perinatal.

(Rusepno Hassan : 2005 : 1036)

PENGERTIAN NEONATUS :

  1. Neonatus adalah usia bayi 0 hari sampai 28 hari

(Soetjiningsih, 2001 : 17)

  1. Neonatus adalah bayi baru lahir sampai usia satu bulan

(Hamilton, 2000:217)

1. FISIOLOGI NEONATUS.

Merupakan ilmu yang mempelajari fungsi dan proses vital neonatus yakni suatu organisme yang sedang tumbuh yang baru mengalami proses kelahiran dan harus menyesuaikan diri dari kehidupan intra uteri ke ekstra unteri.

r Ada 3 faktor yang mempengaruhi perubahan fungsi ini :

a. Maturasi yang mempersiapkan tetus untuk transisi dari kehidupan intra uteri ke kehidupan ekstra uteri dan berhubungan lebih erat dangan masa gestasi dibandingkan dengan berat badan lahir.

b. Adaptasi

Diperlukan oleh Neonatus untuk dapat tetap hidup dalam lingkungan baru yang dibandingkan dengan leingkungan selama menjadi tetus, kurang menyenangkan.

c. Toleransi

Dimiliki oleh bayi yang hipoksia, kadar gula yang rendah, tetapi bagi orang dewasa mungkin sudah fatal tapi pada bayi belum berakibat fatal.

Toleransi dan adaptasi dibanding terbalik jika dibandingkan dengan maturasi malun matur neonatus, makin baik adaptasinya tetapi makin kurang toleransinya.

(Rusepno Harun : 2005 : 1037)

anda bisa mendownload artikel lengkap ini pada link dibawah ini.
http://www.ziddu.com/download/1933040/PERINATAL.doc.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU