Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 14 Juni 2008

Tugas Pembawa Acara

TUGAS PEMBAWA ACARA / MC

Dalam menjalankan tugasnya, pembawa acara mengumumkan bahwa acara dimulai, memberitahukan susunan mata acara dan mengatur pelaksanaan mata acara demi mata acara hingga acara selesai. Selain itu pembawa acara juga perlu melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan tugas pokok, antara lain:

1. Menyusun Acara

Bersama dengan tuan rumah atau ketua penyelenggara, pembawa acara menyusun acara. Model susunan acara tentu harus disesuaikan dengan acara yang diselenggarakan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan acara seperti waktu yang diperlukan, siapa orang-orang yang terlibat, mata acara apa yang hams didahulukan, peralatan apa yang diperlukan, dan bagaimana. kesiapan petugas. Semua itu hams dipertimbangkan dengan baik dan matang.

2. Mengecek Kesiapan

Permbawa acara hams mengecek kesiapan acara yang akan dipandunya. Ia harus memeriksa kebersihan dan kerapian ruangan, pengaturan meja dan kursi, tempat pembicara utama, tempat pembawa acara dan tempat undangan penting serta undangan lainnya. Selain itu juga pengeras suara (mikrofon) harus keadaan siap dan mencoba apakah sudah sesuai atau tidak.

Pembawa acara harus tegas dan cekatan dalam mengambil keputusan, misalnya kalau pengeras suara kurang sempurna segera menghubungi teknisinya. Jika melihat tempat duduk depan masih kosong segera menghubungi penerima tamu. Tidak baik jika semua sudah hadir namun kursi bagian depan kosong

3. Membawa Acara

Tugas pokok pembawa acara adalah membawa acara. Cara membawa acara suatu acara tertentu tidak selalu sama dengan acara lain. Pengalaman dan keterampilan pembawa acara sangat besar pengaruhnya terhadap kesuksesan acara.

4. Mengendalikan Waktu

Pembawa acara harus datang lebih awal daripada yang lain. Pembawa acara sebagai orang pertama yang datang di tempat acara agar mempunyai waktu yang cukup untuk meneliti persiapan acara. Memulai dan mengakhiri acara berdasarkan waktu yang direncanakan menjadi kebanggaan pembawa acara karena ketepatan waktu termasuk salah satu petanda keberhasilan pembawa acara.

5. Memuaskan Hadirin

Pembawa acara hams berusaha agar hadirin puas. Paling tidak, hadirin jangan sampai dibuat kecewa. Untuk itu pembawa acara harus berlaku sopan dan menghargai mereka. Untuk memberikan kesan yang memuaskan, pembawa acara harus mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada hadirin yang telah mengikuti acara dengan baik.

1 komentar:

  1. Untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pembaca terhadap isi artikel, sebaiknya dicantumkan daftar pustakanya. Makin banyak dan makin berbobot pustaka (sumber) yang dicantumkan, semakin besar kepercayaan pembaca. Misalnya seperti di bawah.
    Wiyanto, Asul. 2002. Terampil Membawa Acara. Jakarta: Grasindo.
    Selain untuk meningkatkan kepercayaan (kemantapan) pembaca, pencantuman daftar pustaka juga mempunyai fungsi sebagai berikut.
    1. Menunjukkan kejujuran penulis bahwa yang disampaikan itu tidak semuanya pikiran senddiri, tetapi sebagian bersumber atau terinspirasi oleh tulisan orang lain.
    2. Memberi pengakuan atau penghargaan kepada penulis yang sebagian tulisannya diambil atau dimanfaatkan
    3. Memenuhi kelaziman karya tulis.
    Bagus, silakan terus berkarya!

    BalasHapus

POSTING TERBARU