Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Minggu, 08 Juni 2008

Pengertian Gelombang Micro (Microwaves)

Gelombang mikro (microwaves) adalah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi (superhigh frequency = SHF:), yaitu di atas 3 GHz (3 x 109 Hz). Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, maka makanan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave oven (oven microwave) untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis (Iihat juga kotak bagaimana cara kerja oven microwave).

Bagaimana Cara Kerjanya

Bagaimana Cara Kerja

Oven Microwave

Oven microwave ditemukan secara tidak sengaja oleh Dr. Percy Spenser pada tahun 1946. Suatu hari di tahun 1946 Spenser sedang bekerja di dekat sebuah magnetron (digunakan sebagai pembangkit gelombang mikro dalam sistem radar). Magnetron rupanya bocor pada suatu tempat. Ketika Dr. Spenser mengambil sebatang permen dari kantongnya, ia mengamati bahwa permen itu telah mencair (melebur). Dari peristiwa inilah is menemukan bahwa gelombang mikro dapat digunakan untuk memasak.

Microwaves (gelombang-gelombang mikro) dihasilkan oleh magnetron, yang cara kerjanya inirip dengan "tabung" TV (tabung sinar katoda). Suatu tegangan tinggi membangkitkan arus besar yang memanaskan suatu bagian yang disebut katoda. Ini memberikan energi pada katoda yang kemudian diubah menjadi gelombang mikro. Gelombang mikro ini diarahkan sepanjang penuntun gelombang yang berongga untuk masuk ke seluruh ruang kompartemen.

Gelombang mikro dalam kompartemen dengan mudah masuk ke dalam makanan. Energi gelombang mikro mengguncang (menggetarkan) molekul-molekul air dalam makanan. Molekul yang bergetar akan memiliki energi kalor lebih besar sehingga molekul-molekul ini menjadi lebih panas. Dengan demikian energi kalor dipindahkan dari satu molekul air ke molekul air lain di sekitarnya, dan makanan masak dari dalam, bukan dari luar ke dalam seperti pada oven konvensional.

Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging). RADAR berarti mencari dan menentukan jejak sebuah benda dengan menggunakan gelombang mikro (gelombang dengan frekuensi sekitar 1010 Hz). Pesawat radar memanfaatkan sifat pemantulan gelombang mikro. Antena radar bertindak sebagai pemanear dan penerima gelombang. Sebuah antena memancarkan seberkas sinar tipis gelombang mikro dalam bentuk pulsa-pulsa pendek. Karena panjanga gelombangnya hanya beberapa sentimeter, gelombang dengan mudah dapat dipantulkan oleh benda-benda dengan ukuran beberapa meter. seperti mobil, pesawat terbang. atau roket. Jika pulsa tadi mengenai benda (misal. pesawat terbang), maka sebagian pulsa pantulan akan di terima kembali oleh antena radar. Karena cepat rambat gelombang elektromagnetik c = 3 x 108 m/s, maka dengan mengamati selang waktu antara pemcaan dan penerimaan, misalnya , kita dapat mengetahui jarak benda yang ditangkap oleh radar s yang diberikan oleh

Angka pembagi 2 timbul karena pulsa gelombang harus menempuh jarak s pergi-pulang.

Pesawat radar scat ini banyak digunakan untuk inembantu keamanan pendaratan pesawat terbang komersial. Dengan menggunakan radar, cuaca yang buruk tidak lagi merupakan hambatan bagi pendaratan pesawat di bandara-bandara besar.

Gelombang mikro juga digunakan (taken rangkaian televisi (closed-circuit televison) untuk mengirim laporan gambar hidup televisi dari kendaraan-kendaraan penyiar yang berada di lapangan ke studio, misalnya untuk siaran langsung penunjukan musik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU