Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Kamis, 26 Juni 2008

Mengenal Jaringan

MENGENAL JARINGAN.

Jaringan komputer dewasa ini merupakan suasid kebutuhan yang sangat pokok bagi para pengguna komputer baik yang berada di lingkungan perusahaan , lingkungan pendidikan maupun pengguna yang yang berada di lingkungan perumahan. Dengan adanya jaringan ini kita dapat berbagi data maupun potensi yang lain antar komputer seperti printer , cdrom maupun komunikasi elektronik yang lain. Hubungan antar komputer dalam suatu jaringan dapat mempergunakan macam - macam media antara lain dengan kabel atau mempergunakan gelombang radio ataupun menggunakan satelit.

Jaringan dapat dikelompokkan menurut konfigurasi jalur komunikasi dan menurut geografisnya :

a. Jaringan menurut konfigurasi jalur komunikasi.

Menurut konfigurasi jalur komunikasi suatu jaringan dapat dibedakan dalam 2 kelompok yaitu :

1. Titik ke titik ( point to point )

Pada konfigurasi ini dua buah piranti dihubungkan secara khusus untuk berkomunikasi , model ini dapat diterapkan pada dua buah komputer yang berkomunikasi secara paralel ( kabel paralel ) seperti misalnya penggunaan komputer untuk komunikasi dengan printer yang melalui port paralel ataupun serial.

2. Multititik ( multipoint ).

Pada konfigurasi ini memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah piranti yang akan berkomunikasi , model ini ditemukan pada jaringan yang mempergunakan topologi bus , konfigurasi ini disebut pula jaringan broadcast.

b. Jaringan menurut geografisnya.

Dilihat dari segi geografis suatu jaringan dapat dibedakan dalam 3 macam jenisi jaringan yaitu :

1. LAN. ( Local Area Network ).

LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup daerah dalam satu ruangan , dalam satu komplek gedung atau dalam beberapa gedung yang Baling berdekatan satu sama lain. Misalnya jaringan dalam satu kampus yang terpadu. Pada local area network suatu jaringan sering dihubungkan dengan media transmisi yang berupa kabel UTP , kabel koaksial , serat optik namun ada pula yang menggunakan wireless local area network (WLAN ).

Dalam jaringan local area network tipe jaringan dapat dibedakan dalam 2 tipe yaitu :

Ø peer to peer.

Pada pola jaringan dengan menggunakan peer to peer semua komputer dalam satu jaringan mempunyai hak dan kedudukan yang sama antara yang satu dengan yang lain sehinga tak ada media penyimpanan yang bersifat global. Pada type peer to peer ini dua komputer dapat berhubungan secara langsung tanpa bergantung pada server sehingga lebih murah.

Ø client server.

Pada jaringan type client server maka komputer yang satu melayani komputer yang lain sehingga terdapat satu komputer yang melayani komputer yang lain , komputer pelayan ini dinamakan server sedang komputer yang minta pelayanan dinamakan komputer client. Fungsi server sebenarnya merupakan perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat keras yang berupa komputer untuk melayani layanan yang berupa file server (menangani berkas yang dapat diakses oleh clierdtt, print server (mengontrol printer yang digunakan oleh client), web server (menangani halaman - halaman web yang dapat diakses oleh browser) ataupun mail server . ( menangani surat elektronis).

2. MAN ( Metropolitan Area Network).

Metropolitan area network adalah jaringan yang mencakup area satu kota dengan rentang sekitar 10 - 45 km sehingga jaringan bank yang terletak dalam satu kota atau sekolah yang terletak dalam beberapa lokasi tennasuk sebagai metropolitan area network. Dalam penggunaan transmisi metropolitan area network ini menggunakan gelombang radio, selain itu ada pula yang menyewa jalur.

3. WAN ( Wide Area Network).

Wide area network adalah jaringan yang mencakup daerah antar kota , antar propinsi dapat juga antar negara contoh dari pada wide area network ini adalah internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING TERBARU