Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 23 April 2008

Pengertian Internet

ISTILAH - ISTILAH DALAM INTERNET

Banyak istilah-istilah dalam internet yang perlu dikenali dan dipahami agar mudah di dalam menjalankan internet. Namun demikian suatu istilah bisa dengan mudah dipahami sebelum menjalankan internet, akan tetapi bisa juga akan lebih mudah memahami istilah sering dengan menjalankan internet. Berikut ini beberapa istilah yang digunakan dalam internet.

v Internet

Singkatan dari interconnected Network, merupakan komunikasi global antar computer dan jaringan computer di seluruh dunia.

v Intranet

Pemanfaatan internet untuk kepentingan internet suatu organisasi atau perusahaan.

v WWW (Word Wide Web)

Merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Berbagai informasi dapat ditemukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, dan lain-lain.

v Web Server

Suatu sistem computer di suatu organisasi yang berfungsi sebagai server untuk fasilitas WWW dan dapat diakses oleh seluruh pemakai internet.

v Server

Suatu unit komnputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola jaringan computer serta melayani seluruh client dalam jaringan.

v Client

Pemakai dari suatu network (jaringan), atau computer yang memanfaatkan resources (sumber daya) yang ada di computer lain dalam suatu jaringan.

v Web Site (Situs Web)

Suatu lokasi web, merupakan tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topic tertentu.

v Homepage

Halaman pertama dari sebuah dokumen web. Halaman ini memberitahukan, dari mana halaman itu berasal.

v Browser

Program yang digunakan untuk mengakses server di internet dan menampilkan situs-situs web.

v Browsing

Suatu metode atau kegiatan untuk menjelajahi Word Wide Web (WWW) dalam internet untuk memperoleh suatu informasi atau data.

v Chatting

Chatting merupakan fasilitas yang digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet.

v E-Mail

Suatu sarana yang ebrada dalam internet, digunakan untuk berkirim dan menerima surat atau berita yang lebih efektif, aman dan cepat.

v Download

Mengcopy atau mengambil data-data dari dalam internet, berupa file, gambar, musik, game dan sebagainya.

v Modem

Modulator demodulator yang merupakan perangkat keras untuk komunikasi tambahan bagi computer yang berfungsi untuk mengkonversikan signal analog (telepon) menjasi signal digital (computer) dan demikian juga sebaliknya.

v FTP (File transfer Protecol)

Salah satu fasilitas di internet yang dapat digunakan untuk mentransfer, file dari suatu sumber di internet ke computer local, atau sebaliknya.

v Provider

Suatu perusahaan penyedia jasa layanan koneksi ke jaringan internet

v Search Enginer

Tool untuk mengkatalogkan isi internet dan untuk membuat indeks dari isi internet. Dengan search engine ini akan mempercepat pencarian informasi di internet.

v Bandwdth

Perbedaan atau interval (dalam Hertz) antara batas atas dan batas bawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi.

v HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

Protokol transfer yang memungkinkan untuk mentransfer dan menghubungkan halaman-halaman web. Protocol ini secara mutlak merupakan bagian dari setiap URL dalam world wide Web.

Sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah dalam internet, karena keterbatasan waktu dalam memposting untuk sementara hanya ini dulu yang bisa saya sajikan kepada anda. Semoga posting ini dapat bermanfaat bagi anda.

Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU