Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Kamis, 24 April 2008

Cara Mengatur Amarah dan Rasa Bersalah

APAKAH RASA BERSALAH ITU ?

Rasa bersalah adalah emosi yang alamiah dan bernilai. Konsep benar dan salah yang tepat untuk dapat cukup berfungsi dalam dunia. Kesadaran bersalah menolong untuk menyadari dan mengakui kesalahan prilaku, kemudian terus maju meninggalkan rasa menyesal di belakang. Mekanisme perbaikan prilaku adalah pengembangan diri dan pembentukan hubungan yang tepat. Perasaan penyesalan yang mengakibatkan dari perilaku senganja yang membahayakan dan harus belajar menyesuaikan untuk keuntungan diri sendiri adalah perasaan menyesal yang sejati.

Perasaan menyesal adalah emosi yang lebih kompleks kelihatannya dari pada penjelasan mengenai rasa menyesal sejati yang dinyatakan secara tidak langsung. Perasaan menyesal yang palsu ialah datang pada kita menghancurkan segala yang ada dijalurnya.

APAKAH RASA BERSALAH DAN MALU ITU SAMA ?

Rasa salah danmalu dapat dibagi dalam empat jenis emosi yaitu :

1. Rasa Salah Sejati adalah rasa emosi yang berharga dan bernilai.

2. Rasa Salah Palsu adalah perasaan yang tak dikehendaki bukan disebabkan oleh perbutan salah, tetapi oleh mekanisme pertahanan jiwa melawan rasa sakit

3. Rasa Bersalah Yang Membangun adalah sangat alami dalam jumlah yang sangat kecil dan penting untuk mengembangkan keperibadian dan hati nurani seseorang.

4. Rasa Bersalah Yang Menghancurkan adalah tak diinginkan dan adalah akibat dari menjadi bagian dari dunia yang melanggar.

Menjelaskan rasa bersalah dan malu, menunjukan bahwa rasa penyesalan yang sejati dan sedikit rasa malu penting untuk perkembangan yang tepat dari kepandaian seseorang dan hubungannya dengan yang lain. Rasa bersalah palsu dan terlalu banyak rasa malu dapat menyebabkan penyimpangan emosi seperti depresi, kekuatiran, rendah diri dan perilaku kecanduaan dan tanpa pikir.

Jika anda menderita salah satu dari kasus diatas ada kemungkinan asa rasa bersakalah yang tak pernah terpecahkan dan rasa malu yang tersembunyi dibalik segala penyimpangan ini

DARI MANA RASA BERSALAH DATANG ?

Rasa bersalah dapat dihilangkan hanya dengan mengerti adanya empat emosi yang terlibat pada orang umumnya sebagai rasa bersalah : rasa bersalah yang benar, rasa bersalah yang palsu, rasa malu yang membangun dan rasa bersalah yang menghancurkan.

Rasa bersalah yang benar berasal dari rasa menyesal yang harus kita rasakan atau kenali sewaktu kita memilikinya :

1. secara sengaja melakukan sesuatu yang menyakitkan atau merendahkan orang lain.

2. bertindak ceroboh atau tak bertanggung jawab

3. sengaja melanggar peraturan atau tolok ukur yang berlaku.

Untuk membedakan rasa bersalah yang benar dari yang palsu adalah apakah tindakan tersebut sengaja, atau tidak mersa menyesal menyesal melakukan kesalahaan kecuali anda sengaja melakukanya.

Contohnya : Billi Cilik usia 5 tahun menumpahkan susu di meja makan. Apakah dia melakukan kesalahaan, dan jadi harus merasa bersalah ? untuk menjawab pertanyaaan ini, kita perlu mengetaui bagaimana susu ini tumpah?

- Dalam suasana gembira Billy sedikit bersemangat serta tanpa sengaja menumpahkan susunya dia tidak bersalah.

- Billy marah dan sengaja menumpahkan susunya.jika itu masalahnya, dia sengaja memilih tindaknya dan salah atas tindaknya dan dia harus bertanggung jawab atas tindaknya

- Billy tidak sengaja menumpahkan susu tapi tumpah karena rasa tak bertanggung jawab yang sengaja. Untuk memperbaiki billy menolong dia merasakan menyesal yang benar serta menolong dia merasakan menyesal yang benar serta menolong dia merubah sifatnya

Kita lihat lagi billydan susunya yang tumpah kita dapat melihat pengertinya dari maksud nya yaitu penting dalam mengenali rasa menyesal yang benar.

RASA MENYEYESAL YANG PALSU

Rasa menyeyesal yang palsu adalah emosi pikiran yang diciptakan oleh alasan kejiwaan. Dalam bentuknya yang paling rendah , rasa menyesal palsu adalah mekanisame untuk mengatasi dan melawan rasa sakit.

Contoh. : ketika orang mereka bertengkar dan mengancam bercerai, mereka merasa terasing sendirian, dan merasa sakit karena pertengkaran mereka karena takut kehilangan orang tua mereka

Dalam kasus ini anak tidak memili cara yang tepat untuk mengatasi rasa sakit, sehingga ia memutar rasa sakit dan marah ke dalam perasaan menyesal yang palsu.

RASA MENYESAL YANG MEMBANGUN

Beberapa rasa malu itu baik, tetapi tidak terlalu banyak. Mengerti peran positif atau bangunan dimana rasa malu berperan yang positif atau membangun daiamana rasa malu berperan dalam kehidupan kita menolongkita memahami lebih baik lagi dibarisan ini.

Sekumpulan bukti yang berkembang menganjurkan bahwa respon rasa malu bisa hadir saat kelahiran. Respon rasa malu kelihatan berhubungan erat dengn sifat bawaan anak atau kecenderungan alami terhadapsuka cita keinginan tahuahan. Para peneliti percaya bahwa rasa respon rasa malu alami melinkan peran penting dalam pengembangan anak dalam beberapa cara berikut ini.

Ø Respon rasa malu alami mengatur pengaruh dari segi sukacita ingin tahu kegirangan dari manusia

Ø Respon rsa malu alami, menolong mengembngkan jati diri seseorang

Ø Respon rasa malu alami menolong dalam perkembangan hati nurani seseorang, member dia kemampuan untuk membedakan benar dari salah.

RASA MALU YANG MENGHANCURKAN

Rasa malu yang menghancurkan bukan kepanjang dari respon rasa malu, tetapi akibat dari kehidupan dalam dunia yang melanggar atau oleh rasa sakit dari kehidupan dunia yang melanggar. Rasa malu yang paling menghancurkan mengakibatkan seseorang sadar mencoba menghancurkan kebenaran dari keberadaan diri orang lain . perasaan malu dan bersalah seperti ini tidak mengarah pada rasa tanggung jawab seseorang inilah usaha menyakitkan atau menghancurkan jati diri seseorang.

EMOSI YANG SAKIT

Masalah dan gejala kejiwaan yang umum akibat rasa malu yang membebani dengan berlebihan digabung oleh rasa bersalah berlebihan yang palsu. Ketika nak menjadi korban tindakan-tindakan rasa malu yang sering.persaan malu terasabegitu hebat dalam dirinya atau mencintai dirinya. Segera jumlahnya kasih pada dirinya sendiri menjadi tak cukup untuk mengatasi rasa sakit karena malu, malka pikiranya akan memulai menciptakan rasa bersalah untuk mendorong rasa sakit dari persaan malu.

BAGAIMANA MELENYAPKAN RASA BERSALAH YANG PALSU

Untuk menolong anda dengan sukses berhadapan dengan rasa bersalah dan rasa malu dalam diri anda, harus mengenali dan menghilangkan rasa bersalah, persoalan rasa malu serta rasa bersalah yang sejati akan mudah dikuasai. Ini langkah-langkah yang akan menolong anda untuk mengenali dan menghilangkan rasa bersalah yang benar dan menghindari rasa bersalah yang salah.

  1. Kenali rasa bersalah dan hentikan pikiran anda hangan membiarkan diri sendiri terlalu cepat mengambil kesimpulan-kesimpulan.
  2. Kenalai sumber yang sebenarnya dari rasa bersalah atau sakit
  3. Tentukan apakah anda merasa benar salah atau persaaan bersal yang palsu
  4. Jika hal itu benar rasa bersalah yang sejati :
    1. Akuilah itu
    2. Mintalah pengampunan
    3. Ubahlah perilaku yang tak bertangggungjawab
    4. Ampunilah diri anda sendiri dan maju terus.
  5. Jika hal itu adalah persaan bersalah yang palsu.

a. Putarlahproses emosi dari rasa bersalah yang palsu pada kemarahaan yang kecil

b. Rasakan dan lepaskan rasa sakit

c. Hadapi dan atau benahi situasi yang salah jika perlu dan mungkin

DUA CARA UNTUK MENJADI EGOIS

Mereka yang meneriama rasa bersalah yang salah sering mempunyai kesulitan meletakan diri dulu dan menjadi egois. Namun untuk menjaga diri kita dengan benar, sering kali sangatlah penting untuk mmenjadi egois.

Dalam kenyataan bahwa dua cara untuk menjadi egois. Satu cara terjadi ketika seseorang, karena kebutuhan yang berpusat pada diri sendiri, menganbil kesempatan atau menggunakan orang lain. Inilah macam keegoisan yang salah dan biasanya menghasilakan pelannaran dari hak asasi orang lain.

PEMIKIRAN-PEMIKIRAN AKHIRAN

Anda mengatasi perasaan rasa bersalah dalam kehidupan anda. Dalam keua pasal yang berikutnya kita akan membicarakan tema rasa malu dan kita akan melihat bahwa sementara rasa malu bertumbuh dengn pesatnya , ia mulai mengambil alih pikiran kita. Kita menjadi mudah menenerima pikiran dari rasa bersalah. Dengan kecenderuangan merasa bersalah bahhkan kita memerlukan belas kasih yang lebih dari orang-orang untuk alasan pribadi ingin membuat kita mersa bersalah.

Jika anda memberanikan diri sendiri melakukan proses mekanisme yang da dalam pasal ini. Dalam waktu singkat anda akan memulai mengalahkan perasaan bersah dalm kehidupan anda jika anda menglami kesulitan dalam mengendalikan pikiran anda, mungkin itu hasil dari perasaan bersalah yang berlebihan .

MENGENALI RASA MALU YANG MENGHANCURKAN

Perasaan malu yang menghancurkan dapat diartikan sebagai perasaan-perasaan tak berharga yang dihasilakan ketika bagian dari pribadi kita telah dibuat merasa tak dikasihi atau tak berharga oleh tindakan yang mealanggar.

Bagian A dapat mewakili penampilan fisik anda B, kemampuan olah raga anda C, kemampuan intelegensi anda : D identitas kelamin: E kemampuan masyarakat: F kemampuan bermasyarakat , kemampuan menghasilkan pendapatan anda; dan H , ketertarikan khusus.

Kepribadian anda sebenarnya terdiri dari berjuta-juta bagain. Ia terjadi dari segalanya yang adalah anda ataudapat dihubungkan dengan anda. Bagaian dari jati diri, Misalanya, negara bagaian atau negara dimana anda lahir, baju yang anda gunakan , teman-teman yang anda pilih, tim atletik yang anda suka dan seterusnya. Tambahan dari bagian-bagaian itu menjadikan jati diri anda, setiap bagaian mempunyai hubungan dengan perasaan yang terkait padanya baik positif (hangat) maupun negatif(dingin).

Bagaian-bagaian yang gelap adalah bagaian dari jati diri yang telah terkena pelanggaran atau luka. Ketika sebuah bagian dari jati diri anda luka, pikiran anda berusaha menyelamatkan bagain tersebut dan mulai bersembunyai dari anda atau dari dunia. Pikiran anda menyembunyikan bagian yang rusak dari anda untuk menyimpan rasa sakit dan malu untuk tidak membahayakan kepribadian anda pikiran anda menyembunyikan rasa sakitdari dunai untuk menghindarkan rasa sakit tambahan

Chuck sangat berbakat, karena sebab yang tak jelas, merasakan penolakan dari batin untuk berhasil. Dalam pengobatan, sementara kami meneliti latar belakangnya, kami menyadari bahwa ia mulai merasa tidak enak dengan dirinya sendiri ketika ia mencapai keberhasilan pada tingkatan tertentu.

Sementara kami meggali lebih dalam ke masa salim Chuck, kami menemukan ayahnya suka bersaing.Bahkan walaupun dipermukaan ayahnya kelihatan sangat mendorong, sebenarnya ia bersaing melawan Chuck. kemungkinan ayahnya takut suatu hari akan lebih berhasil dari dia.akibatnya ayahnya memberikan pesan yang kecil, yang negatif dan terselubung. Menhadapi rsa takut kehilangan kasih sayang ayahnya. Chuck mulai percaya ada sesuatu yang salah dengan keberhasilanya. Segalanya ada dalam alam sadar Chuck sampai ia mengikuti pengobatan. Pertikaian antara ingin berhasil dan tidak ingin berhasil ada dalam pikiran tidak sadar Chuck, dan sadari segalayan bahwa ia tidak berhasil walaupun mempunyai keinginan untuk berhasil. Unsur-unsur yang utama dari rasa malu yang menyebabkan pertikaian ditekan kebawah kedalam taksdarnya untuk melindungi luka-luka pribadinya.

Sebagai anak Chuck perlu penegasaan dan dukungan dari ayahnya karena ayahnya tidak mendukung, pribadinya tidak dapat menahan rasa sakit. Pikiranya menghalangi yang dingginkan daia merasa terjebak, sehingga, dalam diri dia yang berlawanan bagaian yang berhasil sedang bekerja menuju keberhasilan dan bagaian yang tidak dapat membiarkan dirinya berhasil dengan menahan dirinya untuk berhasil. Ketika Chuck memulai terapi, dia secara sadar tidak mengetahui pelangaran tapi setelah terapi dia mengetahui pelanggrannya dan dia bersedia disembuhkan.

PEMULIHAN

Baik Chuck serta atasnya mengetahui ia tidak berkarya sesuai dengan kemampuanya. Atasnnya, yang peduli mengenai kurang berhasinya Chuck mengusulkan Chuck untuk seminar keberhasilan serta membaca buku yang memotivasinya. Chuck mencoba pendekatan kognitif, perubahan program pikiran. Bagian yang masih luka terkuak sehingga pikiran chuck masih perlu menolak. Chuk seperti orang lain, ia mencoba melakukannya merubah pribadinya. Tapi ayahnya tidak setuju dantidak mendukung. Proses yang berulang-ulang kali ketika chuck mencoba untuk berhasil atau menguasai bagian-bagian yang lain dari dunainya.jug meras sangat kotor mengenai dirinya sendiri yang menyebabkan mencuci tangan dan alat vitalnya berapa kali sehari. Setelah sejumlah terapi Chuck kehilanga berat badan, karena bekerja sangat berat dalam perawatan. Kita harus menyembuhkan bagian-bagaian ini sebelum tenaga untuk kehidupan kreatif kita dapat kembali dengan alami.

INTERAKSI ANTARA PIKIRAN DAN DIRI SENDIRI

Dengan meletakkan terlalu banyak penekanan pada aspek pemikiran kognitif dari pikiran seseoarang. Pelanggaran merusakkan kepribadian seseorang, bukan pikirannya mulai bertindak gila (katakanlah) setelah kepribadian terluka. Pikiran terbang akibat dari pelanggaran dalam usaha mengangkat rasa sakit . semenit ada rasa marah dan semenit lagi ada pikiran – pikiran yang menghasilakan rasa bersalah. Pikiran beraksi pada rasa sakit dari luka – luka pada kepribadian. Hal ini dapat membantu untuk membantu ” bekerja atas pikiran” dengan pembicaraan sendiri yang kognitif serta positif atau pengakuan-pengakuan lisan, tetapi hanya jika cara-cara ini menyembuhkan luka-luka pada kepribadian, pemulihan tidak sempurna.

Menggali bagian luka yang khusus selalu penting untuk pemulihan yang benar terjadi. Irulah satu-satunya cara dimana pikiran akhirnya menjadi santai dan mengizinkan gejala-gejala yang lebihdahsyat untuk pergi.

RASA BERSALAH MELAWAN RASA MALU

Konsep lebih dalam untuk menjelaskan jika seseorang menghadang perilakukita, kita perlu berhenti dan menetapkan jika kita bersalah karena melakukan pelanggaran. Jika benar-benar bersalah kita seharusnya mengaku dan minta ampun, dan mengampunni diri sendiri tanpa ada bekas persaan malu. Bila kita tidak bersalah, harus melindungi kepribadian kita yang berharga.

Jika sudah berfikir dan menetapkan apakah kita bersalah atau tidak, kita tidak dapat menjaga rasa malu dalam tingkat renadah , jika pikiran kita negatif mengenai prilaku. Kita menghancurkan, terbentuk yang perlu dikendali serta dipulihkan. Jika unsur rasa malu rendah, ketika situasi dari rasa bersalah meningkat, kita seharusnya mampu menjaga pikiran kita berpusat hanya pada prilaku kita. Jika tidak lalu seseorang telah melukai kepribadian kita, membatasi potensi kita untuk memelihara diri kita sendiri.

FAKTOR KETERGANTUNGAN

Perbedaan mendasar dalam cara pemulihan yang tepat dari masa lalu yang menghancurkan dan cara-cara yang sehat untuk menghilangkan rasa bersalah yang benar dan rasa bersalah membangun.Menghilangkan rasa bersalah yang benar sebagai hasil kesengajaan atau tanggung jawab, kita dapat memperbaiki dengan minta maaf dan melakukan apa yang perlukan.sedangkan, rasa bersalah membangun secara unik berbeda karena sumber kasih dari luar diperlukan. Tidak seperti emosi yang ketiga lainya dimana kita dapat sembuh dan menghilangkan dengan pilihan-pilihan kognitif, kesembuhan rasa malu memerlukan pertolongan orang di luar dari kita sendiri , kita dengan mudah tidak dapat melakukannya dengan pilihan kognitif

KETERGANTUNGAN BERSAMA

Ketergantungan dan cara di mana seseorang menjadi tergantung dengan tidak benar pada orang lain, apa yang kita sebut ” ketergantungan bersama”. Untuk menyembuhkan rasa malu, kita perlu dukungan, peneguhan, pimpinan, dan kasih yang tak bersyarat dari orang-orang lain. Kita tidak perlu, walaupun kita umumnya kadang-kadang, harus dibantu orang lain dari bagain-bagian yang dibuat malu atau terluka.

TANGGUNG JAWAB PRIBADI

Paradoks dari faktor ketergantungan adalah sumber kasih dan peneguhan dari luar yang mutlak diperlukan dam proses kesembuhan, tetapi sebagai orang dewasa anda tidak dapat mengharapkan atau penagguhan dari orang lain. Sebagai seorang anak, anda memiliki hak untuk mengharapkan kasih yang tak bersyarat peneguhan dari oarangtua. Tetapi sebagai orang dewasa anda tidak mampunyai hak untuk menuntutnya dari pasangan anda, anak-anak, teman-teman, ahli terapi atau siapapun yang anda perlukan untuk menyembuhkan luka anda.

Setakut-takutnya anda rasakan, untuk menyembuhkan rasa malu anda perlu menarik sumber-sumber yang tak tepat dari ketergantungan untuk menyembuhkan rasa mau ini dan mengembangkan kembali hubungan-hubungan yang tepat. Dalam proses menarik kembali, anda akan menemukan sumber-sumber dukungan yang tepat, dan ini akan menjadi basis untuk kesembuhan batin anda.

PEMULIHAN RASA MALU YANG MENGHANCURKAN

Tidak seorang pun yang berjalan melalui kehidupan tanpa banyak kali terluka secara emosi. Bagian-bagian yang luka secara emosi. Bagian bagaian yang luka ini biasanya terdorong kebahwa dan masuk ke alam sadar, khususnya ketika harga diri tidak cukup kuat untuk secara langsung menghadapi pelanggran-pelanggaran. Kita semua telah terluka. pikiran kita mendorong peristiwa-peristiwa yang melukai kebawah. Bagian-bagaian kita luka adalah bagaian yang dipermalukan dari kepribadian kita. Akhirnya bagian-bagian ini timbul dan perlu disembuhkan. Sering kali kita memerlukan jasa pofesional untuk meneguhkan tepat hubuhan dengan terapi dimana luka-luka diri kita dapat timbul untuk proses penyembuhan.

Poses pemulihan terdiri dari empat bagian yaitu :

  1. Komitmen pribadi yang kuat terhadap sembuh
  2. Peneguhan lisa atau kognitif
  3. Retruksi kognitif menyembuhkanrasa sakit emosi.
  4. Kebebasan untuk marah
  5. Berkonfrontasi dengan penyerang
  6. Iman kepada Allah
  7. Ketergantungan yang tepat

Kekerasan fisik yang dasyat adalah jenis yang khusus contohnya ketika seoranganyah memukul anaknya, rasa percaya anak hancur dalam cara yang khusus.Jika anda secara fisik disakiti dan takut pada amarah arau mempunyai kecenderungan meledak dalam kemarahaan, lakukan sesuatu pada rasa malu dan marah akan menolong kesembuhan dan setabilan perilaku anda lepas kendali. Pekerjaan kognitif atau mencoba menenangkan pikiran hanya akan menolong sedikit luka yang paling dalam tinggal oleh kekerasan fisik harus dihadapi secara langsung.

Kekerasan seksual dan pelanggaran seksual mempunyai faktor ketergantungan yang unik sehingga meletakkan batasan-batasan pada proses pemulihan yang tak ada pada kekerasan lain.jadi sesorang yang mengalami kekerasn harus mengendalikan faktor ketergantungan ini jika ia inggin sembuh dengn benar dari luka-lukanya. Ini bukan yang salah mengginginkan kesebuhan fisik. Pikiranlah mengenai berapa banyak pelukan yang terjadi dalam kematian dimana orang-orang menghibur satu sama lain untuk mengantikan rasa kehilangan yang dirasakan oleh mereka kasihi.

Rasa bersalah yang salah merasa berapa dari rasa malu memerangi dengan kemarahan dan pengakuan merasa terluka dan akhirnya mengalami kesembuhan pikiran yang telah terkubur rasa malunya karena rsa sakit yang terlalu berat untuk diatasi dan ia menciptakan rasa bersalah yang salah sebagai alat untuk mengubur rasa malu lebih dalam dan usaha untuk mengendalikannya. Rsa bersalah yang salah asalanya dari orang tuanya yang melakukan kekerasan yang luar biasa padanya, tetapi ia menciptakan rasa bersalah yang salah tambahan untuk mendorong kebawah rasa malu yang hebat dari kekersan mereka.

Sembuhnya rasa harga diri anda dari rasa malu adalah pekerjaan yang berat. Tidalah mudah seperti dibaca dalam berapa buku, mendengar beberapa kaset, dan melakukan pikiran yang terpimpin sedikit terapi atau pribadi untuk melihat dan sembuh dari sakit dibelakang rasa malu dan belajar untuk mengasihi diri kembali. Tetapi proses kesembuhan hampir sama. Pribadi itu harus sampai kebawah dari kejal dan merasa perasaan bersalah untuk menyingkapkanrasa malu. Hanya ketika pelanggran disembuhkan akan benar ada damai batin atau kasih pada diri sendiri.

SIFAT RUMIT DARI RASA BERSALAH

Kehidupan mempunyai keadaan dan rasa bersalah, bagi orang beragama rasa bersalah sering kali masalah serius ketika keyakinan pada agama seharusnya mengurangi msalah-masalh dengn rsa bersalah. Kadang pristiwa yang menimbulkan rasa bersalah datang tiba – tiba tanpa pemberitahuan dan melumpuhkan respon yang berlangsung terus pada peristiwa. Situasi yang menghasilkan rasa bersalah membutuhkan berapa pemikiran yang teliti untuk membedakan antara rasa bersalah yang benar dari rasa bersalah yang palsu serta mengetahui kapan dan bagimana membuat tambahan dan penghilang emosi-emosi ini dari kehidupan kita.

LUKA-LUKA KEYAKINAN AGAMA

Rasa bersalah dan amarah yang sering dihubungkan dengan keyakinan agama, contohnya dari seseorang yang beragama, berpandangan rasa bersalah seharusnya tidak menjadi masalah bagi orang percaya. Mengajarkan bahwa Allah menciptakan kita secara pribadi dan ia mengampuni kita, ketika kita senandung atau jatuh. Masih sering merasa bersalah yang hebat dan amarah, banyak dari emosi yang tak tepat dan tidak penting.

Rasa bersalah yang benar adalah rasa bersalah kepada Allah secra langsung menolong mengampuni, dan membebaskan kita. Ketika kita melanggar dari Allah. Itulah masalah rohani antara pribadi dengan Allah. Dengan bertobat dan minta ampunannya Allah akan mengapunin dan tergantung pribadi kita.

Dengan jumlah yang sangat kecil dari rasa malu yang membangun dalalah rasa malu yang baik sehingga tidak perlu menghilangkannya atau meminta Allah mengampuninya.rasa bersalah yang menhancurkan menjadi sedikit menipu .Allah menolong rasa bersalah yang dalam karena ia mengasihi kita utuhnya bahkan kareana seorang melanggar kita, membuat bagian diri kitatak dikasihi. Kita dapat membawa luka-lukapada Allah dan meminta Dia yntuk menyembuhkan kita, tetapi kita perlu orang lain membantu menyembuhkan rasa malu kita.untuk menjadi utuh, memperbaiki harga diri, kita harus bergaul dengn orang lain. Itulah cara Allah membuat kita.

Seringkali kita menemukan keadaan yang menyebabkankita tiba-tiba diliputi dengan rasa bersalah yang besar. Peristiwa yang mungkin tak bertanggung jawaba atas segala rasa bersalah masa lalu . Rasa bersalah yang tersebunyi dan malu dari masa lalu akan mendorong kita untuk mengimbanginya, hilang kendali, menjadi takut, dan mengalami serangan panik serta gejala-gejal psikologi yang parah kejadian-kejadian dimasa lama membuat kita gila karena pentingnya mereka dan karena kita tidak tahu sumber dari rasa sakit atau salah. Kita mempunyai kecenderungan untuk terikat pada rasa sakit masa lalu pada pristiwa ini jika sebuah pristiwa membuat anda tidak stabil dan dukungan saat ini tidak membawa kesembuhan, lalu lihatlah pada luka masa lalu, bagain-bagaian dari pribaduanda yang tak sembuh

Banyak situasi memiliki unsur-unsur baik rasa salah yang benar maupun salah, dan menyebabkan kebingungan yang sangat. Kebingungan dapat memimpin pada ketidak-mampuan untuk mencari pertolongan yang tepat. Akibatnya seorang saleh dengan masalah tertentusering tidak mengetahui kapan garus mencari Allah melalui doa atau seorang psikologi. Secara teori mengetahui dimana menemukan bantuan sangat mudah. Rasa bersalah yang benar adalah masalah rohani karena ia melibatkanmoral, bagianyang jahatdari manusia, kasih Allahdan sifat dasar kita memberontakterhadap Allah. Rasa bersalah yang salah adalah psikologi yang disebabkan oleh pikiran yang menciptakan emosi dari rasa bersalah yang salah terutama berhadapan dengan rsa emosional. Denga kata lain. Rasa bersalah kita memberontak serta jahat bertindak secara sengaja. Rasa bersalah yang salah atau psikologi adalah akibat orang lain atau bawan dalam kehidupan orang lain tanpa maksud mencelakan mereka. Rasa bersalah yang benar harus dihadapidenga prinsip rohani. Rasa bersalh yang salah, harus berhadapan dengan prinsip psikologi untuk sembuh. Jika anda perlu pertolongan, luangkan waktu dan memilih ahli terapi yang benar atau para pendeta. Tetapi paling penting jangan sangkali diri anda.

MENCARI DIRI ANDA SEBENARNYA

Rasa bersalah yang palsu dan rasa malu yang menghancurkan kepribadian dan identitas seseorang. Kita lahir dengan kemampuan untuk menemukan dan mengenali siapa diri kita. Sumber yang benar dari identitas kita terletak pada ujung-ujung jari hati nurani kita. Seperti akan diri kiata sendiri, keluaraga kiatadan dunia dimana kita bertumbuh, peneguhan adalah unsur yang paling penting dalam proses mengenali diri kita sendiri. Hanya pelanggran manusia, rasa bersalah dan rasa malu yang menghancurkan menghalangi kita menemukan jati diri kita. Tak satu pun dapat mencampuri dan menyebabkan kebingungan mengenai identitas diri kita sendiri.

Sepanjang sejarah banyak telah mencoba enciptakan cara lain untuk mewnemukan identitas pribadi yang batiniah dengan mengunakan tipuan-tipuan. Fisalfat, agama, sekte berbeda telah dikembangkan untuk kepentingan nurani yang lebih tinggi. Banyak orang menggunakan obat-obatan untuk menaikan kesadaraan. Tetapi kita tidakperlu menggunkan cara-cara untuk mengenali siapakah diri kita.

Kuasa untuk menetahui diri kita sendiri ada dalm diri kita. Allah memberikan kemampuan dan karunia dalam bentuk kesadaran manusia. Kita perlu Allah untuk mengarahkan hidup dari perasan bersalah yang benar, tetapi kta tida perlu mentasfik untuk menemukan diri kita sendiri. Kita hanya perlu dibebaskan dari rasa bersalah psikologi logis dan rasa malu yang menghancurkanmemberikan kita sendiri izin untuk merasa berharga. Kemampuan diri kita untuk belajar mengatakan ” inilah saya” dan menjadi sangat sadar akan keperluan, keinginan, kerinduan, dan ciri khas seseorang. Kita harus menagkap kemampuan ini dan kita dapat melakukan tanpa melanggr orang lain.

Karena kerumitan dari dunia, kita dapat memelihara diri kita sendiri kita perlumemiliki kebebasan, kekuasaan dan wewenang untuk membuat pilihan kita. Rasa bersalah yang palsu merangkak masuk, kareana kebutuhan kita tinggi akan penerimaan, setiap saat seseorang atau masyrakatmengatakan bagimana kiata seharusnya pikiran kita dibawa. Bagian nurani kitamenjauh dari kepribadian dan berpusat dari tuntutan dunia. Tetapi pemusatan menuntut kita menciptakan kabut mental yang mengambil kita, dari pusatnya ketika kita tidak dapat berpusat pada kepribadian dan tanggung jawab kita. Kita berda dalam belas kasian dunia.

Bagimana anada menemukan kepribadian anda? Ingat, anda tidak pernah kehilangan anda. Ia tersembunyi dalam kabut alam tak sadar kita. Anadatelah kehilangan pandangan dri bagian itu karena bagian – bagian itu terlalu sakit untuk dilihat. Untuk menangkap bagian ini, Anda perlu mealatih kebebesan anda untuk membuat keputusan-keputusan dan menetapkan apa yang benar untuk anda. Anda ingat, anda sumber luar penegasannya membantua anda. Menemukan identitas sebenarnya bukanya haya proses menemukan siapakah nada dari sudut pandang yang ada.

Pribadi ada adalah sesuatu yang sangat istimewa. Itulah anda, Allah ingin anda menelitinya. Ia inggin mengambil kepribadian individu dan mengunkannya untuk kesukan anda dan kemuliaan anda. Itulah maksud umatNya. Diri anda yang Allah ciptakan akan dengan utuh anda kenal dan seutuhnya diguakan Allah. Lalu Anda, pribadi, akan kehidupan penuh dan lengkap dalam damai sejahtera diri anda sendiri.

1 komentar:

POSTING TERBARU