Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Rabu, 15 Oktober 2008

LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT BELAHAN ROK BERJURING

LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT BELAHAN ROK BERJURING

1. Siapkan potongan bahan rok yang telah diberikan tanda jahitan atau garis pola.

2. Kemudian dikerjakan mulai dari bagian rok belakang yaitu menjahit kup – kupnya dan menjahit / memasang tutup, tarik yang sudah langsung terpasang dengan terpasangnya lining rok bagian belakang.

3. Setelah lining dan tutup tarik terpasang tahap berikutnya yaitu memulai membuat belahan rok yang telah diberi batas jahitan dengan panjang belahan 12 cm, dan batas garis kelim (baik bahan utama maupun bahan lining)

4. Kemudian sisi rok bagian belakang sebelah kanan diletakkan atau ditumpuk ke sisi belahan rok bagian belakang, sebelah kiri dengan cara memotong / menggunting kurang lebih 2 atau 3 cm diatas batas jahitan belahan (pada bagian utama)

5. Masih pada belahan utama juga, kemudian tumpukkan sisi belahan rok sebelah kanan tadi (yang telah menumpuk diatas sisi belahan rok bagian kiri) diberi lapisan dengan bahan yang sama yang telah diberi viselin.

6. Kemudian lapisan yang telah melekat pada sisi, belahan rok sebelah kanan tadi ukur 3,5 cm atau 4 cm sebagai belahan. Setelah itu disatukan atau dijahit dengan sisi belahan rok lining sebelah kanan tepat mengikuti garis tengah belakang.

7. Setelah itu 1 atau 1,5 cm dibawah batas panjang belahan, sisi belahan lining sebelah kiri digunting selebar ukuran pada bahan utama.

8. Kemudian lining sebelah kiri yang telah digunting tadi dilekatkan pada lapisan atau lajur belahan utama tepat pada batas panjang belahan dan batas tumpukkan sisi belahan rok sebelah kanan bahan utama.

9. Setelah itu belahan rok terbentuk, kini tinggal menjahit tepi bawah kelim pada kedua lajur belahan tersebut (menjahit sudut)

10. Kemudian sebelah belahan rok jadi, tinggal menyatukan rok dengan muka dan bagian sisi.

11. Kemudian kelim rok bahan utama diselesaikan mengikuti pola yang di jelujur.

12. Setelah itu 0,5 cm dibawah kelim atau tepat pada kelim, batas lining dan penyelesaian lining dapat dikerjakan. Untuk penyelesaian kelim lining dijahit dengan kelim 1,5 cm.

13. Jadilah belahan polar ok berlining.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU