Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Sabtu, 19 Juli 2008

Proses Pemotongan Logam

PROSES PEMOTONGAN LOGAM

(METAL CUTTING)

Setelah bentuk – bentuk kasar dari suatu produk selesai dibuat (terutama melalui proses pengecoran), maka langkah – langkah yang sering mengikutinya adalah proses pemotongan logam (metal cutting). Dalam proses ini akan terjadi proses pemotongan atau lebih tepat disebut dengan proses “perautan” – logam dengan menggunakan sebuah pahat potong (cutting tool). Tujuan pokok dari proses pemotongan logam adalah untuk memperoleh bentuk – bentuk tertentu, toleransi, ataupun derajat kehalusan permukaan (surface finished) dari benda kerja. Banyak jenis proses pemotongan logam yang dikenal, dan berikut ini akan dijelaskan beberapa diantaranya yang cukup dikenal, didalam proses pengolahan logam seperti pembubutan, pengdrilan penggerindaan, dan lain – lain.

Proses pengguntingan (shearing) : merupakan proses pemotongan dengan cara menekan dua sisi pisau tajam ke lembaran logam (sheet metal). Proses – proses seperti blanking, parting, punching, nibbling, nothcing dan shearing semuanya merupakan “shearing operatin

Beberapa Contoh Proses Pengguntingan (Shearing)

Proses pembubutan (turning) : merupakan pemotongan logam yang dilaksanakan dengan jalan memutar (turning) benda kerja dan kemudian memotong / merautnya dengan memakankan sebuah pisau / pahat potong ke benda kerja tersebut. Proses perautan disini umumnya dilaksanakan melalui sebuah mesin bubut (engine lathe) dan meliputi proses facing, contour turning, threading, parting, drilling, knurling, dan lain – lain. Berikut sketsa sederhana dari proses pembubutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

POSTING TERBARU