Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Minggu, 18 Mei 2008

Struktur Bumi

Tektonisme

Ialah peristiwa pergeseran dan perubahan letak kerak bumi dalam skala besar, melipiti lipatan dan tektonok lempeng.

Sejak 2 abad yang lalu, para ahli geologi mendukung bermacam-macam tori tentang pembentukan pegunungan volkanisme, dan fenomena besar tentang bumi akan tetapi tidak ada secara tuntas dapat menerangkan proses geologi.

Pada abad ke 20 ini berkembang teori baru tentang bumi yang dikenal dengan nama teori tektonok lempeng. Teori terbaru ini dapat menerangkan berbagai fenomena bumi yang sebelumnya masih kabur.

Bagian bumi yang padat yang jari-jarinya 6370 Km ini terdiri atas lapisan-lapisan:

1. Inti besi yang padat 4980 – 6370 Km

2. Inti besi yang cair 2900 – 4980 Km

3. Selimut bawah (Tower mantel) 700 – 2900 Km

4. Lapisan peralihan 250 – 700 Km

5. Genosfer yang lunak dan dapat mencair 100 – 250 Km

6. Litosfer yang keras dan kaku 0 – 100 Km

Bagian litosfer yang paling atas itu bagaikan kulit ari pada kulit anda dan merupakan lapisan kerak bumi yang tipis. Lapisan kerak bumi itu berdiri atas 2 bagian:

  1. kerak bumi yang tebalnya 40 Km.
  2. Kerak dasar samudra yang tebalnya kira-kira 10 Km

Litosfer itu terpecah-pecah menjadi sekitar 12 lempeng dinamakan lempeng karena bagian litosfer itu mempunyai ukuran yang besar dikedua dimensi horizontal (panjang dan lebar) tetapi berukuran kecil pada arah vertical.

Bandingkan dengan daun meja, daun pintu atau ubin dilantai kelas. Semua itu mempunyai gerak pergeseran mendatar.

Akibat arah pergeseran yang tidak sama, terjadi tiga jenis batas pertemuan antara lempengan itu. Yaitu dua lempeng saling menjauh (divergent – Junctiones), dan dua lempeng saling berpapasan (transform – fault)

1. Lempeng teknonik bumi

Permukaan bumi sepertinya terlihat begitu kokoh dan kuat seperti halnya benda padat yang tidak bergerak. Namun tidak seperti itu, dengan berkembang ilmu bumi dapat diketahui bahwa lapisan kerak bumi retak dan terpecah – pecah dan bagian – bagiannya secara perlahan bergerak.

a. Pangeseran benua

Peta Wagener tentang pergeseran benua menunjukkan bahwa pada masa karbon, benua – benua menyatu membentuk benua besar yang disebut “Pangen” sebutan nama Yunani yang berarti “Keseluruhan bumi”.

b. Pergerakan dataran Gondwana

Wegener menggambarkan benua bagian selatan berdekatan dengan kutub selatan, karena batuan zaman karbon menunjukkan bahwa sebagian dari dataran gondwana tertutup lapisan es. Lahar serupa berumur 200 juta tahun juga ditemukan di benua Afrika dan amerika selatan. Lahar ini ternyata merupakan bagian dari kestabilan perut bumi yang menyebebkan terpisahnya dataran Gondwana.

c. Perpindahan India

Sementara pengea pecah, perpindahan India menujukkan kerumitan. Arah dan kecepatan perpindahan India karena lahar yang keluar jutaan tahun yang lalu di dataran tinggi Declha, India. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa garis lintang India telah berubah sepanjang waktu. Lahar yang lebih luas berada pada lokasi sekitar 60 lintang selatan kemudian dengan cepat berpindah ke utara sejauh 25 milimeter (1 inci) setiap tahun. Sampai akhirnya bertubrukan dengan benua asia 55 juta tahun yang lalu. Pada saat benua asia berpindah pada posisi lebih selatan daripada saat ini . daratan yang hilang ini sekarang terhimpit dan hancur menjadi dataran tinggi Tibet.

2. Gerakan lempengan

Salah satu kemungkinan bahwa sebab pergeseran lempeng dipermukaan bumi adalah arus panas di selimut menekan lempeng. Panas naik terjadi perpindahan inti bumi ke selimut bumi. Arus panas bergerak dengan lambat sambil membawa serta lempeng, ketika selimut bumi mendingin, tempatnya digantikan oleh selimut baru yang panas.

1 komentar:

  1. makasih ya...
    artikelnya sangat membantu..
    tapi, kalau bisa bahannya di perbanyak...

    BalasHapus

POSTING TERBARU