Mungkin Ini Yang Bisa Saya Bagi Kepada Anda
Jika Kurang Berkenan Dengan Artikel Yang Saya Posting, Saya Menghaturkan Maaf, Bila Anda Puas Dan Senang Dengan Artikel Saya Sudah Selayaknya Anda Bisa Berbagi Kepada Anak Yatim Piatu Atau Tetangga Anda Yang Kurang Mampu. Saya yakin dengan berbagi, masalah atau hal yang kita kerjakan akan cepat selesai.

Minggu, 27 April 2008

Jalannya Perang Dunia II

# Jalannya Perang Dunia II #

Gerakan invasi Jerman ke Polandia tanggal 1 September 1939 merupakan awal terjadinya perang dunia II di Eropa, kejadian ini membuat Inggirs dan Perancis menyatakan perang.

Ø Sejak tahun 1939 – 1942 kemenangan berada di pihak negara-negara fasis, yaitu Jerman, Norwegia, Denmark pada bulan April 1940.

- Jerman menduduki Polandia, Norwegia, Denmark pada bulan April 1940.

- Pada akhir tahun 1941 Jerman dan Italia mendapat teman di Asia, yaitu Jepang yang berusaha menguasai semua daratan pasifik di dalam kekuasaannya.

- Jepang melakukan pengeboman terhadap pangkalan militer Amerika di Pearl Harbour Hawaii, tanggal 7 Desember 1941.

- Sampai akhir tahun 1941, Jerman, Italia dan sekutunya dapat menguasai Polandia, Hongaria, Yugoslavia, Bulgaria, Denmark, Luxemburg, Belanda, dan Belgia.

Ø Tahun 1942 adalah masa titik balik (the turning point), saat-saat kemenangan blok fasis berubah menjadi kekalahan dan sebaliknya.

- Jerman pertama kalah terhadap Rusia pada pertempuran Stalingrad (November 1943).

- Jepang pertama kali kalah dalam pertempuran dilaut karang (Mei 1942)

Ø Antara tahun 1942 – 1945 kemenangan berada di pihak sekutu.

- Tentara Rusia dapat mengalahkan Jerman dalam pertempuran di Stalingrad (November 1942).

- Tentara Amerika serikat di bawah pimpinan Chester Von Nimitz dalam pertempuran laut karang dapat mengalahkan Jepang (Mei 1942).

- Jenderal Eisen Howes (AS) menyerbu Italia dan menangkap Mussolini yang menyerah pada mei 1944.

- Jenderal Zhukov (Rusia) menyerbu Polandia dan Balkan (Rumania – Bulgaria 1944), Hongaria (1945) menyerah menduduki Polandia dan menyerbu masuk ke Jerman Timur.

- Pada tanggal 6 Juni 1944, Jenderal Eisenhower mendarat di daratan Normandia kemudian membebaskan Belgia (1944) terus menyerbu Jerman dari arah Timur.

- Pada tanggal 7 Mei 1944, Jerman menyerah pada Rusia, Hitler bunuh diri, diganti oleh Doenitz yang segera menyerah delapan hari kemudian.

- Setelah kekalahan Jepang dalam pertempuran laut karang (Mei 1942) oleh tentara Amerika, satu persatu daerah yang pernah diduduki Jepang dapat direbut kembali, seperti Filiphina (1944), Iwo Jima, Okinawa, Saipan (1945). Kekalahan Jepang sampai menyerah tanpa syarat kepada tentara Sekutu, yaitu setelah dibom atomnya kota Hiroshima (6 Agustus) dan Nagasaki (9 Agustus). Pada tanggal 14 agustus 1945, Kepang menyerah tanpa syarat kepada tentara sekutu. Konferensi Yalta dan konferensi Postdam mengakiri perang Dunia II.

8 komentar:

POSTING TERBARU